100 Views

Sesuai rencana untuk seleksi penerimaan calon pegawai negeri sipil CPNS 2021, rencananya akan dibuka pada bulan April hingga Mei dengan usulan formasi CPNS 2021 untuk pusat sebesar 113.172 dan daerah sebesar 439.170. Jadi kalian sudah saatnya untuk melakukan persiapan seperti dokumen yang dibutuhkan yaitu

  1. Kartu keluarga (KK)
  2. Kartu tanda penduduk (KTP) atau surat keterangan dari dinas kependudukan dan catatan sipil
  3. Ijazah
  4. Transkip nilai
  5. Pas foto: sediakan saja background dengan warna latar belakang yang berbeda seperti biru dan merah.
  6. Dokumen lain yang dibutuhkan sesuai dengan ketentuan instansi yang akan dilamar.

https://sscn.bkn.go.id/

Ukuran file dan format Syarat  Dokumen CPNS

Untuk jenis format dokumen yang biasanya berupa format PDF serta mempunyai batas ukuran maksimal, biasanya sekitar maksimal 200 – 500 Kb saja.  Sesuai dengan pengalaman pada tahun 2019 yang lalu, banyak yang sudah melakukan scan dokumen tapi ukuran file besar sekali bahkan sampai 20 MB belum lagi dipusingkan dengan ukuran mesin scanner yang umum dipasaran hanya tersedia ukuran kertas A4, padahal ijazah dan transkip nilai mempunyai ukuran legal/F4.  Ntar akan dibahas tersendiri cara untuk mengkompres file pdf agar menjadi kecil ukuran file nya.

Seleksi CPNS dan PPPK (pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja)

Berikut kisaran formasi penerimaan pegawai CPNS 2021 yaitu

  1. Profesi guru: untuk formasi guru di 2021, sebanyak 1 juta tenaga yang akan diseleksi melalui jalur pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK). Hal ini untuk menyelesaikan persoalan kekurangan tenaga guru yang masih diisi oleh tenaga honorer. Tapi menurut berita saat ini akan karena terjadi banyak protes terutama dari PGRI, maka formasi guru akan kembali dibuka penyeleksiannya melalui jalur CPNS.
  2. Tenaga kesehatan
  3. Formasi tenaga teknis lainnya: seperti teknologi informasi dan komunikasi, infrastruktur permukiman dan sanitasi, transportasi, energi, dan air bersih.

Polemik jalur penerimaan guru

Menurut Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana memastikan tidak ada penerimaan guru dengan status Pegawai Negeri Sipil ( CPNS) pada pelaksanaan CPNS tahun 2021.

“Kenapa? Karena kalau CPNS setelah mereka bertugas 4 sampai 5 tahun biasanya mereka ingin pindah lokasi. Dan itu menghancurkan sistem distribusi guru secara nasional. 20 tahun kami berupaya menyelesaikan itu, tetapi tidak selesai dengan sistem PNS,” ungkap Bima.

Namun, lanjut Bima, status para guru yang direkrut nanti akan berubah menjadi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK). www.kompas.com

Tapi tenang saja Formasi CPNS Guru ke Depan Tetap Akan Ada karena Kebijakan ini akan sejalan dan saling melengkapi dengan perekrutan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) https://www.instagram.com/p/CJpj1XyheeM/

Namun untuk tahun 2021 pemerintah fokus pada perekrutan guru honorer sampai dengan kapasitas satu juta guru (jumlah yang diangkat hanya yang lulus tes) melalui jalur PPPK diharapkan para guru honorer dan lulusan Pendidikan Profesi Guru mendaftar menjadi guru PPK.

Peminat membludak

Diperkirakan pada CPNS 2021, nanti para pelamar akan banyak yang mengikuti, hal itu dapat dilihat dari pendaftaran ditahun-tahun sebelumnya. Jadi kalian harus belajar extra lagi karena semakin lama akan semakin banyak saingannya

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

6 × 1 =