Cara memotivasi diri untuk tingkatkan keterampilan

By | January 29, 2021
238 Views

Apakah terkadang kalian merasa kasihan terhadap diri sendiri karena merasa tidak berbakat seperti orang lain? Atau mungkin kalian memiliki keterampilan tetapi ingin meningkatkannya. Apa yang bisa kita lakukan? Keterampilan bisa dipelajari dan siapa pun bisa menjadi master pada satu keterampilan atau lebih dengan cara melakukan dedikasi, pengetahuan, dan pengalaman yang tepat. Jika kita ingin meningkatkan keterampilan/skill, maka ada cara yang dapat kita lakukan untuk membantu mencapai tujuan ini. Berikut saya rangkumkan ada 16 Cara memotivasi diri untuk tingkatkan keterampilan, apa saja itu?

1. Cari tahu apa yang kita kuasai

Pertama, kita perlu mengidentifikasi keterampilan apa yang sudah kita miliki — terutama yang ingin kita tingkatkan. Tidak peduli berapa banyak keahlian yang kita miliki, maka kita harus memilih keahlian terbaik sehingga dapat fokus untuk meningkatkannya, hal ini seringkali dinamakan dengan keunggulan yaitu terbaik pada bidang tertentu. Kuasai terus menerus sehingga kita menjadi sangat ahli dibidang tersebut.

2. Jangan sembunyikan

Menjadi pemalu adalah salah satu alasan mengapa suatu keterampilan biasanya dilupakan – terlupa oleh kita sendiri. Jika kita ingin meningkatkan keterampilan , maka perlu keluar dari zona tersebut, kita harus menggunakannya kapan pun dan di mana pun dibutuhkan. Kita hanya perlu membiasakan diri menggunakannya di sekitar orang agar bisa bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain.

3. Terlibat aktif dalam sebuah aktivitas

Semakin kita menggunakan keterampilan maka akan semakin terasah. Untuk alasan ini, jangan lewatkan peluang yang akan memungkinkan untuk memamerkan apa yang kita miliki berupa keahlian tertentu. Misalnya, jika kita pandai memainkan alat musik, bergabunglah dengan band yang bermain dalam acara, atau suka menulis maka bergabunglah dengan komunitas penulis.

4. Mendaftarlah ke kursus dan pelatihan singkat

Carilah kursus atau lokakarya singkat yang tidak hanya akan memberikan kita sertifikat kelulusan, tetapi juga akan melatih kita untuk lebih efektif dalam menggunakan keterampilan untuk tugas-tugas tertentu. Ini dapat memberi pengetahuan baru tentang spesialisasi kita serta dapat membantu naik level lebih tinggi.

5. Tetap gunakan

Apa yang tidak kita gunakan, pada akhirnya akan hilang. Jika kita tidak menggunakan keahlian yang kita miliki untuk waktu yang lama, ada kecenderungan akan melupakannya. Oleh karena itu, pertahankan keterampilan kita secara aktif dan kembangkan dengan terus menggunakannya, baik secara profesional atau hanya untuk kepuasan diri pribadi. Misalkan saja yang hobi coding maka suka aktif di forum tanya jawab agar kemampuan tersebut tidak terkikis.

6. Praktek, praktek, dan praktek

Selain sering menggunakan keahlian yang kita miliki, kita juga harus memiliki niat untuk mempraktikkannya. Latihan membuat menjadi sempurna, jadi jika kita ingin meningkatkan keterampilan, maka sebaiknya perlu menyediakan waktu latihan untuk masing-masingnya. Waluapun tidak mungkin untuk mencapai kesempurnaan, tapi setidaknya kita bisa mendapatkan hasil yang mendekati sempurna.

7. Tonton tutorial video online

Cara lain untuk meningkatkan keahlian kita adalah dengan menonton tutorial atau lokakarya di YouTube dan situs lain yang menyediakan akses tersebut. Melalui video itu, kita dapat menemukan saluran dan profesional yang berbagi kiat dan rahasia tentang cara meningkatkan keterampilan.

8. Belajar dari ahlinya

Selain YouTube, ada platform online lainnya yang menampilkan para ahli, yang dapat membantu kita untuk mendapatkan lebih banyak pengetahuan tentang keterampilan yaitu seperti membaca buku dari orang-orang terkenal dari bidang tersebut.

Namun, cara terbaik untuk belajar dari para ahli adalah dengan bekerja bersama mereka dari dekat dan mampu mengamati cara mereka melakukan sesuatu – learning by doing begitu istilah kerennya.

9. Dibimbing oleh seorang profesional

Lebih baik dari sekadar mengamati para profesional, kita juga dapat meminta mereka untuk membimbing kita. Kita tidak hanya akan mendapatkan kesempatan untuk melihat mereka menggunakan keterampilan mereka, tetapi mereka dengan sukarela dapat mengajari kita beberapa rahasia mereka tentang bagaimana mereka mencapai penguasaan/kompetensi tinggi.

10. Jangan puas dengan level kita saat ini

Selalu haus akan pertumbuhan. Bahkan jika orang memandang kita sudah mempunyai kompetensi tertentu, jangan berpikir bahwa kita sudah yang terbaik.

Selalu ada ruang untuk perbaikan, jadi gunakan setiap kesempatan untuk maju.

11. Minta orang lain untuk membantu kita mengevaluasi keterampilan yang kita miliki

Mengevaluasi status/level keterampilan kita saat ini tentu membantu untuk mengetahui apa yang perlu dilakukan agar dapat meningkat. Tentu saja, jika kita menginginkan evaluasi yang tidak memihak, setidaknya harus melibatkan orang lain. Mereka bisa menjadi keluarga, teman, kolega, atau mentor kita.

12. Pantau pertumbuhan

Selain evaluasi, pemantauan rutin dapat membantu kita melacak/tracing kemajuan keterampilan. Misalkan dengan membuat checklist perkembangan yang ingin dilihat dalam periode tertentu. Ini adalah alat yang dapat membantu kita mengetahui kekuatan dan kelemahan saat ini dan apa saja yang perlu dilakukan perbaikan

13. Terima kritik secara konstruktif

Susah sih kalau kita kena kritik, apalagi kalau kita tipe orang baperan. Jika menerima komentar yang tidak terlalu positif tentang kemampuan kita, jangan tersinggung. Sebaliknya, anggap itu sebagai kritik konstruktif yang dapat membantu mengevaluasi level kemampuan kita secara objektif. Gunakan mereka sebagai motivasi untuk berkembang – Pokoknya jangan baperan!

14. Hindari membandingkan pertumbuhan kita dengan orang lain

Berhenti membandingkan tingkat keterampilan kita dengan tingkat keterampilan orang lain. Jangan mengukur kemajuan kita berdasarkan kemajuan mereka karena setiap orang memiliki kecepatan perkembangannya sendiri. Ini akan membuat kita menjadi loyo – patah semangat.

15. Lakukan dengan sepenuh hati

Salah satu cara terbaik untuk meningkatkan keterampilan kita adalah dengan mencintai mereka. Jika kita bersemangat dengan apa yang kita lakukan, maka pelajari dengan hati. Dedikasi kita akan membuat lebih sabar dan tekun dalam mengasah keahlian kita – passion

16. Beri waktu dan fokus melalui konsistensi

Biasakan berlatih 20 menit setiap hari. kita tidak dapat mempelajari semuanya dalam satu kesempatan. Konsistensi adalah perbedaan antara bakat dan keuletan. Ingat, membuat rutinitas dapat membantu kita mencapai hasil yang diinginkan.

 

 

ref:

www.balancelife.com

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :