58 Views

Try Out Online Soal – Soal Tes CPNS 2021 –¬† Tes Antonim (lawan kata ) yaitu mencari lawan kata

Menurut Wikipedia – Antonim adalah hubungan semantik antara dua buah satuan ujaran yang maknanya menyatakan kebalikan, pertentangan, atau kontras antara yang satu dengan yang lainnya.[1] Lebih sederhana, antonim adalah suatu kata yang berlawanan makna dengan kata lain.[2] Antonim disebut juga dengan lawan kata.[3]

Antonim menurut jenis hubungannya dapat dibedakan menjadi

  1. Antonim Taksonomis yang berarti pertentangan makna yang bersifat mutlak. Misalnya, kata hidup dan mati’. Ada batasan yang jelas dan tegas antara kata hidup dan mati. Sesuatu yang hidup tentu belum mati, dan sesuatu yang mati pasti tidak hidup.
  2. Antonim Kekutuban tidak selalu terdapat pertentangan yang mutlak yaitu bersifat relatif atau bergadrasi[1]. Hal ini dikarenakan karena batasan makna kata satu dan lainnya tidak dapat ditentukan dengan jelas dan tegas. Misal, kata besar dan kecil.
  3. Antonim Relasional bermakna hubungan pertentangan yang bersifat relasi. Artinya, kata yang satu muncul akibat kata lainnya[1]. Misal, suami x istri; jual x beli.
  4. Antonim Hierarkial muncul dari pertentangan makna antara kata yang berada dalam satu garis jenjang atau hierarki[1]. Misal, gram x kilogram; tamtama x bintara.
  5. Antonim Majemuk memilki pasangan antonim lebih dari satu. Misal, kata berdiri. kata berdiri dapat berantonim dengan kata duduk, tidur, tiarap, dan jongkok. Hal semacam ini dinamakan antonim majemuk

Contoh Soal Tes Antonim (lawan kata)

Selamat Datang softscients.com test soal-soal CPNS

Antonim Bagian 1

silahkan isi dengan baik dan benar

1. Oja
2. Asketisme
3. Cuai
4. Langsung
5. Emigrasi
6. Dikatorial
7. prawacana
8. Dahina
9. Esoterik
10. Hibat
11. Ejawantah
12. Stagnasi
13. Kausistik
14. Prayitna
15. Zalim
16. Randa
17. Ofensif
18. Intiha
19. Preambul
20. Eksistensi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 × = 1