Menghalau Spam dengan Captcha

By | September 25, 2021
Print Friendly, PDF & Email
425 Views

Spam pada sebuah comment sangat mengganggu sekali, pada awalnya comment di website https://softscients.com bersifat terbuka, sehingga siapa saja bisa comment tanpa perlu login namun demikian menjadi masalah ketika comment tersebut diisi bot yang isinya obat-obat kuat. Message / comment akan dianggap pesan bila mengandung hal tersebut.

Hal yang kami lakukan yaitu pasang plugin math captcha hasilnya spam berkurang namun tetap saja lolos. Ada sekitar belasan comment yang masuk. Setelah lama kami biarkan, agak menjengkelkan juga. Solusinya saat ini, kami pasang plugin WP Captcha dengan hasil sangat memuaskan! Comment bersifat terbuka dibuka kembali dan comment bersih dari spam!.

Bagi kalian pemilik website, alangkah baiknya pasang plugin WP Captcha saja untuk mengalau spam

WP Captcha

Sekilas mengenal Captcha

Captcha adalah singkatan dari Completely Automated Public Turing test to tell Computers and Humans Apart. Captcha merupakan sebuah permintaan atau pengajuan online yang dilakukan untuk verifikasi online. Captcha merupakan suatu sistem keamanan yang dalam bentuk campuran angka dan juga huruf secara acak yang harus diketikkan jika ingin melanjutkan prosesnya. Selain dalam bentuk campuran angka dan huruf secara acak, Captcha juga bisa dalam bentuk memilih gambar – gambar tertentu sesuai dengan permintaan. Sistem keamanan ini digunakan hanya untuk membedakan antara robot dan pengguna asli.

Saat ini machine learning dan deep machine learning belum bisa memecahkan captcha dengan baik sehingga bot-bot internet tidak bisa bekerja dengan baik untuk menyebar spam

Apalagi bila proses login mengharuskan mengisi captcha maka proses bruteforce menjadi sangat sulit sekali

See also  Masa Depan Pendidikan: Sertifikat Online atau Gelar Akademik?

Jenis-Jenis CAPTCHA

1. Text CAPTCHA

CAPTCHA jenis teks adalah yang paling sederhana. Pasti kamu juga pernah menemuinya di internet. Tipe CAPTCHA ini hanya mewajibkanmu untuk memasukkan angka atau huruf yang ditampilkan. Kadang, ada juga kombinasi huruf dan angka.

textcaptcha

2. Picture recognition CAPTCHA

Picture recognition CAPTCHA mewajibkanmu untuk memilih bagian foto sesuai dengan ketentuan yang diberikan. Misalnya, CAPTCHA menyuruhmu untuk memilih bagian foto yang ada crosswalk-nya. Nah, kamu tinggal memilih kotak-kotak yang ada dan mengeklik “next” untuk lanjut atau “skip” jika tidak ada di foto tersebut.

 

3. Math CAPTCHA

CAPTCHA jenis ini membuatmu harus berhitung sedikit. Biasanya, CAPTCHA tersebut berisi soal matematika sederhana, seperti penjumlahan dan pengurangan dua angka. Tinggal masukkan hasil operasi matematikanya dan submit jawabanmu untuk melalui tes tersebut.

4. I am not a robot CAPTCHA

CAPTCHA ini adalah salah satu yang cukup mudah. Pasalnya, kamu hanya perlu mengklik sebuah kotak hingga muncul tanda ceklis untuk menyatakan bahwa kamu bukan robot.

5. 3D CAPTCHA

3D CAPTCHA merupakan versi sedikit lebih sulit dari text CAPTCHA. CAPTCHA ini pun lebih meyakinkan karena tingkat kesulitannya tersebut.

captcha adalah

6. jQuery slider CAPTCHA

Jenis jQuery slider CAPTCHA tergolong mudah diselesaikan. Kamu hanya perlu menggeser kotak kecil di kiri hingga kanan untuk membuka kuncinya. Kadang, variasi slider CAPTCHA ini ditemukan dalam bentuk puzzle.

 

ref:

glints

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :