Pilih Sleep atau Hibernate? biar nggak ambyar

By | April 4, 2022
Print Friendly, PDF & Email
334 Views

— Pilih Sleep atau Hibernate — Pekerjaan yang menumpuk atau ingin mengerjakan dilain waktu merupakan hal lumrah ketika lagi stuck/boring. Apalagi kalau para pekerja kreatif content yang butuh ide-ide segar dan update setiap harinya. Biasanya sih mending matikan komputer/laptop dengan shutdown dan lanjut esok harinya lagi. Memilih shutdown komputer/laptop yang berarti mematikan semua aplikasi dan ketika komputer start maka BIOS akan mengecek semua komponan hardware serta memulai aplikasi dari awal lagi. Hemm… cukup menyita waktu bukan?

Yuk kita setting laptop kita sesuai kebutuhan biar nggak ambyar! ikuti saja tutorial dibawah in

Pilih Mode Sleep Komputer/laptop

Bila komputer lama tidak digunakan, maka komputer tersebut berada pada kondisi sleep. Fitur sleep bagus digunakan untuk menghemat daya baterai seperti mematikan layar laptop ketika lama tidak digunakan. Mode Sleep akan tetap membutuhkan pasokan listrik jadi ketika daya listrik mati, maka semua aplikasi yang masih berjalan di RAM akan mati tanpa disimpan. Nah kalau lagi banyak kerjaan dan boring, maka terkadang komputer/laptop dibiarkan saja dan fitur sleep akan bekerja sesuai dengan pengaturan yang kita setting sebelumnya.

Atau bisa juga kalian mengatur tombol power / menutup layar laptop maka akan masuk mode sleep dengan cara masuk ke control panel –> Power Options –> System Settings.

Disitu ada banyak pilihan

  1. When I press the power Button berarti ketika di pencet tombol power dalam kondisi hidup, maka masuk mode hibernate
  2. When I press the sleep Button berarti ketika di pencet tombol sleep dalam kondisi hidup, maka masuk mode sleep (biasanya tombol ini ada di komputer desktop)
  3. When I close the lid  berarti ketika menutup layar monitor dalam kondisi hidup, maka masuk mode hibernate.
See also  Aplikasi Battery Usage di Windows

Kalian bisa melihat mode yang saya atur seperti dibawah ini agar hemat baterai. Kalian bisa saja setting seperti layaknya laptop macbook yang bila ditutup layarnya masuk dalam mode sleep, tapi jangan ditanya ya masalah baterai di windows yang masih kurang bagus manajemen nya dibandingkan dengan laptop macbook. Kalau mode sleep begitu seharian bisa berkurang drastis, maka alangkah baiknya kalau tidak digunakan dalam waktu yang lama sebaiknya pilih mode hibernate.

Oiya Mode hibernate terkadang tidak aktif, kalian manual aktifkannya

Pilih Mode Sleep Komputer/laptop

Hibernate sesuai dengan namanya adalah tidur panjang. Saya lebih suka menggunakan mode hibernate bila kerjaan banyak dan ingin melanjutkan aplikasi tanpa repot-repot menutupnya. Bila komputer nanti dihidupkan maka semua aplikasi tanpa terkecuali akan kembali seperti semula. Cara kerja Hibernate yaitu menyimpan seluruh isi RAM kedalam hardisk oleh sebab itu  kalau booting akan sangat cepat dan aplikasi yang kita buka akan kembali seperti semula.

Bila hibernate tidak aktif / tidak muncul, kalian lakukan ini secara manual yaitu klik Change Settings that are currently unavailable dan centang pilihan Hibernate

Pilih Sleep atau Hibernate?

Pilih Sleep atau Hibernate? kalau saya akan pilih sleep bila hanya menunda kerjaan paling lama 30 menit, bila lebih dari itu mending hibernate dan lanjutkan kerjaan esok harinya. Apalagi kalau sedang buka banyak tab browser, baca banyak paper dan nulis kode bisa ambyar. Tidur makan, tidur makan, bangun ambyar!

ref: ilustrasi

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :