Gratis!! Ikutan Yuk Pelatihan Kalibrasi Alat

By | October 26, 2021
Print Friendly, PDF & Email
462 Views

Bagi kalian yang berpforesi sebagai laboran, manufaktor, rumah sakit ataupun yang banyak menggunakan alat ukur dalam pekerjaannya maka kalibrasi sesuai jadwal merupakan kebutuhan yang dilakukan. Secara umum  kalibrasi ulang akan dilakukan setiap 1 tahun sekali dalam kasus tertentu malah 1 bulan sekali. Kalibrasi adalah proses pengecekan dan pengaturan akurasi dari alat ukur dengan cara membandingkannya dengan standar/tolak ukur. Tujuan kalibrasi tentunya untuk memastikan bahwa hasil pengukuran yang dilakukan akurat dan konsisten dengan instrumen lainnya. Bila hasil pengukuran yang tidak konsisten akan berpengaruh langsung terhadap kualitas produk bahkan menimbulkan cacat produksi.

Mengapa kalian butuh kalibrasi? kita bahas beberapa kebutuhan mengenai kalibrasi

  1. Ingin menghasilkan akurasi yang tinggi dan valid, hal ini menjadi kebutuhan yang sangat krusial
  2. seiring berjalannnya waktu dan sering dipakai, maka ala tersebut bisa saja aus atau bagian-bagian
  3. tertentu mengalami pergeseran mekanik sehingga mengalami penurunan performa alat ukur sehingga tidak akurat lagi
  4. Dengan akurasi alat ukur yang tinggi maka proses manufaktur akan menghindari cacat produksi terutama manufaktur yang menuntut presisi tinggi ataupun di bidang lain seperti industri kesehatan untuk diagnosa penyakit
  5. Bagi kalangan peneliti tentu ingin menjaga keabsahan hasil penelitiannya

Walaupun banyak kebutuhan akan kalibrasi terkadang ada saja alasan-alasan tidak mau melakukan kalibrasi, ntah karena males ribet ngurusnya, alatnya cuman 1 biji,, merasa hasil akurasinya masih OK berdasarkan keyakinan saja. Padahal kalau dicek sertifikat uji tera/kalibrasi ulang sudah kadaluarsa lho! Misalkan saja untuk tera ulang alat timbangan itu sudah diatur oleh peraturan pemerintah tersendiri melalui disperindag. Bagi pemilik alat timbang wajib melakukan uji tera minimal 1 tahun sekali. Yuk kita bahas lebih lanjut mengenai alasan mengapa tidak mau melakukan kalibrasi .

  1. Biasanya alasan utama tidak mau melakukan kalibrasi yaitu bukan persyaratan yang mendesak, jangan2 kalian termasuk yang ini
  2. Kalau untuk demo alat pendidikan, ya males sih melakukan kalibrasi, kan cuman buat demo saja
  3. Sering lupa masa kadaluarsa kalibrasi, pada alat2 tertentu bahkan jika telah mencapai batas penggunaan tertentu harus melakukan kalibrasi ulang
  4. nggak ngerti cara kalibrasi, ini lumrah kan hanya pakai alat, urusan kalibrasi ribet
  5. terakhir yaitu nggak ngerti ngurus kalibrasi dimana. Padahal sekarang ngurus kalibrasi sangat mudah lho, tinggal buat surat dan bawa alat2 nya (atau minta antar jemput) ntar akan diurus oleh tenaga bersertifikat untuk dikalibrasi ulang.

Ikutan Yuk Pelatihan Kalibrasi Alat secara Mudah secara free terutama untuk point 4 dan 5 tersebut free lho. Catat jadwalnya

🔥PLATFORM E-KALIBRASI.ID PROUDLY PRESENT🔥

Dalam rangka launch platform layanan e-kalibrasi.id secara publik, e-kalibrasi.id akan mengadakan webinar akbar dengan berbagai pemateri yang luar biasa dan materi yang menarik. Acara ini juga akan dimeriahkan dengan berbagai hadiah yang luar biasa, karena kamu akan berkesempatan mendapatkan *paket pelatihan setara Rp3.050.000,- bagi 150an peserta!💸*. Kapan lagi ada kesempatan free membership utk pelatihan dengan tema berkualitas dan Instruktur handal!

Kegiatan ini akan berlangsung pada:
⏰Hari: Kamis-Sabtu
🗓️Tanggal: 18-20 November 2021
📌Tempat: Zoom Meet
🗒️Link registrasi: https://lnkd.in/gXAXe8Zn
Free e-certificate!

Maka dari itu lahirlah e-kalibrasi.id yang bertugas *menjadi problem solving* terhadap permasalahan yang dialami oleh seluruh teman-teman laboran, manufaktur, pelajar, tendik, dan rumah sakit.
Tunggu apalagi, ayo ikuti Grand Launch e-kalibrasi.id, ambil manfaat sebanyak-banyaknya, raih ilmunya, dan nikmati layanan kami sepuasnya.

Siap upgrade kompetensi! Siap berkontribusi yg terbaik utk organisasi Anda!
—-
More Info : Sukma https://lnkd.in/gqWc9pax

www.e-kalibrasi.id
Layanan Kalibrasi dan Standar Laboratorium untuk Anda dan Indonesia!

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :