Package Python yang layak kalian coba

By | November 14, 2021
Print Friendly, PDF & Email
1,157 Views

Package python saat sangat banyak sekali dan berkembang begitu pesat didukung oleh komunitas yang sangat besar. Ada banyak sekali package yang terkenal seperti pandas, numpy, matlplotlib, scikit. Namun kali ini saya akan bahas 9 package menarik yang layak kalian coba digunakan untuk project.

Package Python yang layak kalian coba sudah dipilih manfaat yang banyak digunakan sebenarnya ada banyak sekali, ok langsung saja kita bahasa satu-persatu

1. Folium

Pustaka Folium digunakan untuk menggambarkan data geografis (peta). Pustaka ini dapat digabungkan saat membangun beberapa aplikasi di mana peta diperlukan untuk menunjukkan atau mencari lokasi. Dokumentasi lengkap perpustakaan folium ini dan kegunaannya ada di tautan ini.

 pip install folium

Dalam program ini, kita mencoba peta dengan folium. Perhatikan bahwa kita melewatkan garis lintang dan garis bujur sebagai atribut pada fungsi peta. Peta interaktif disimpan dalam bentuk HTML. Kita coba saja untuk menampilkan kota pontianak

import folium

map = folium.Map(location=[-0.025426539167340508, 109.3410865894563], zoom_start=14)
map.save('osm.html')

 

2. CAPTCHA

CAPTCHA adalah Completely Automated Public Turing singkatan  dari Tes Turing Publik Sepenuhnya Otomatis untuk membedakan Komputer dan Manusia. Tujuan utama captcha adalah untuk mengautentikasi dan memberikan entri hanya ke situs web atau manusia dan memblokir bot.

 pip install captcha

Dalam program ini, kita mencoba membuat captcha menggunakan program library dan python. Lihat kode dan keluaran yang menghasilkan kata captcha softscients.

from captcha.image import ImageCaptcha

image = ImageCaptcha(width=280,height=90)
image.write('softscients', 'D:/captcha.png')                                                       

 

3. prettytable

Pustaka prettytable digunakan untuk merepresentasikan data dalam tabel relasional. Dengan prettytable operasi lain pada data tabular dapat dilakukan seperti menambah atau menghapus baris, penyelarasan kolom, dan menghapus semua data dalam tabel. Biasanya sih sebelum saya mengenal pustaka ini, lebih suka menggunakan dataframe dengan pandas.

See also  Clustering Color

pip install -U prettytable

Dalam program ini, kita akan merepresentasikan data dalam tabel relasional. Output akan dicetak pada terminal, seperti yang ditunjukkan di bawah ini.

from prettytable import PrettyTable
table = PrettyTable()

table.field_names = ["Bulan","Penjualan"]
table.add_rows(
    [
        ["Jan",1020],
        ["Feb", 1233],
        ["Maret", 1892],
        ["April", 1500]
    ]
)
print(table)

hasil

+-------+-----------+
| Bulan | Penjualan |
+-------+-----------+
|  Jan  |    1020   |
|  Feb  |    1233   |
| Maret |    1892   |
| April |    1500   |
+-------+-----------+

4. Faker

Faker adalah paket fantastis untuk menghasilkan data acak palsu. Setiap kali Anda menggunakan generator perpustakaan faker, itu akan menghasilkan data acak yang berbeda. Ada banyak metode menarik seperti teks palsu, nomor kartu kredit palsu. Dokumentasi lengkap library faker ini dan kegunaannya ada di link ini.

pip install faker

Program ini menghasilkan data palsu seseorang, yang akan terdiri dari semua detail orang tersebut seperti pekerjaan, nama, email, dll. Lihat output untuk melihat profil lengkap yang dibuat oleh perpustakaan faker. Data yang berbeda dapat dihasilkan, seperti nomor kartu kredit seperti yang ditunjukkan dalam program. Oiya profil seseorang diacak dari nama orang luar ya (jadi tidak ada nama bejo, bambang, dan yang lainnya)

from faker import Faker
fake = Faker()

print(fake.profile())
print(fake.credit_card_number())

5. File Zip

File zip adalah pustaka bawaan yang mengubah file atau data menjadi bentuk data terkompresi. Banyak operasi dapat dilakukan menggunakan perpustakaan ini, seperti mengekstrak file zip, menulis ke file zip, mendapatkan properti dari file zip. Output yang merupakan file zip terkompresi akan disimpan di sumber file Python.

import zipfile

Zippy = zipfile.ZipFile('example.zip', 'w')
Zippy.write("C:/Users/swath/Downloads/cover.txt")
Zippy.close()

6. Text-Blob

Text Blob adalah pustaka Python populer yang digunakan untuk memproses NPL (pemrosesan bahasa alami). Beberapa tugas yang dapat dilakukan perpustakaan ini adalah penandaan bagian-of-speech, analisis sentimen, terjemahan, dan banyak lagi. (tentu dalam bahasa inggris ya), dokumentasi lebih lengkap disini

pip install -U textblob

Fitur yang ada pada text-blob yaitu

Part-of-speech Tagging

from textblob import TextBlob as tb

wiki = tb("TextBlob is a library for natural language processing, it is easy to use")
tags = wiki.tags
print(tags)

mendeteksi jenis kata seperti kata kerja. benda, sifat. Part-of-speech (POS) tagging adalah suatu proses yang memberikan label kelas kata secara otomatis pada suatu kata dalam kalimat. Fungsi “tags” di atas itu gunanya untuk melakukan POS tagging terhadap variabel wiki yang outputnya berupa list dari tuple-tuple yang berisi kata dan labelnya.

[('TextBlob', 'NNP'), ('is', 'VBZ'), ('a', 'DT'), ('library', 'NN'), ('for', 'IN'), ('natural', 'JJ'), ('language', 'NN'), ('processing', 'NN'), ('it', 'PRP'), ('is', 'VBZ'), ('easy', 'JJ'), ('to', 'TO'), ('use', 'VB')]

Noun Phrase Extraction

Langsung saja kita panggil function nya. Fungsi noun_phrases gunanya untuk mengetahui noun phrase yang terdapat pada kalimat.

wiki.noun_phrases

hasilnya

WordList(['textblob', 'natural language processing'])

Analisis Sentimen

Analisis sentimen adalah cabang dari text mining, fokus utamanya untuk analisis teks. Rentang dari “subjectivity” itu 0.0 sampai 1.0 jika mendekati 0.0 berarti sentimen tersebut sangat objektif begitu pula sebaliknya. Rentang “polarity” itu dari -1.0 sampai 1.0 jika diterjemahkan polarity = polaritas, artinya hal yang memiliki dua sifat yang berlawanan. Jadi kalau polarity-nya 0.0 berati sentimen tersebut bersifat netral.

See also  Menambahkan modul TL SSL
twit = tb("Python is amazingly simple to use. What great fun!")
twit.sentiment

hasil

Sentiment(polarity=0.39166666666666666, subjectivity=0.4357142857142857)

Tokenisasi

Tokenisasi adalah proses untuk membagi teks yang dapat berupa kalimat, paragraf atau dokumen, menjadi token-token. Keluaran pertama itu membagi per kata sedangkan keluaran ke dua itu membagi per kalimat

zen = tb("Complex is better than complicated. "
         "Flat is better than nested. "
         "Sparse is better than dense.")

print(zen.words,"\n")
print(zen.sentences)

Perubahan bentuk kata

fungsi singularize() gunanya untuk menjadikan objek tersebut menjadi bentuk tunggal dan fungsi pluralize() berguna untuk mengubah ke bentuk jamak. Fungsi lemmatize() sendiri berfungsi untuk mengubah kata menjadi bentuk kata dasar.

kalimat = tb("foxes jump over the lazy dog")
print(kalimat.words,"\n")
print(kalimat.words[0].singularize(),"\n")
print(kalimat.words[5].pluralize())

hasil

['foxes', 'jump', 'over', 'the', 'lazy', 'dog'] 

fox 

dogs

Perbaikan Ejaan

TextBlob juga bisa membetulkan kata-kata yang saltik dengan fungsi correct(). Fungsi spellcheck() berguna untuk memastikan ejaan kita itu benar dan ada di dalam kamus besar bahasa inggris.

b = tb("I havv goood speling!")
print(b.correct())

hasil

I have good spelling!

kita coba dengan kata berikut yang mempunyai banyak kemungkinan spelling

w = Word('falibility')
print(w.spellcheck())

w = Word('falability')
print(w.spellcheck())

hasil

[('fallibility', 1.0)]
[('fallibility', 0.3333333333333333), ('capability', 0.3333333333333333), ('affability', 0.333333333333333)]

Pada keluaran ke dua terdapat tiga kemungkinan kata yang dapat digunakan sebagai pembenaran dari kata falability angka di sebelahnya itu menggambarkan presentase dari pembenaran kata karena ada tiga kemungkinan maka 100/3 hasilnya ya 33%

Mesin Penerjemah dan Deteksi Bahasa Sederhana

Cukup dengan fungsi translate() kalian dapat dengan mudahnya membuat program penerjemah bahasa. TextBlob pake API dari Google Translate dan harus tersambung via internet

masukan=input()
translator = tb(masukan)
print(translator.translate(to="en"))

hasil

di mana kamu sekarang?
Where are you now?

7. Pyperclip

Pustaka Pyperclip kertas memungkinkan untuk mereplikasi papan klip dengan program Python. Pustaka ini digunakan untuk menyalin dan menempelkan fungsi yang dapat mengirim teks ke dan menerima teks dari papan klip komputer kalian.

pip install pyperclip

Dalam program ini, kita meneruskan teks ke media salin dan tempel kata menggunakan fungsi dari paperclip.

import pyperclip

copy = input("Enter the text you want to copy to clipboard")
pyperclip.copy(copy)
text = pyperclip.paste()
print(text)

ref : https://github.com/Rakhid16/NLP-Python-TextBlob

See also  Simple Convert JPG ke PDF via Python

8. Barcode

Pustaka yang dapat diakses dengan mudah dalam membuat barcode. Kita menggunakan perpustakaan ini, kode batang dalam format .png. Dalam program ini, kita gunakan gambar barcode nomor 13 Nomor Artikel Eropa (EAN).

pip install python-barcode

Kita langsung coba saja barcode

from barcode import EAN13
from barcode.writer import ImageWriter

number='123456789123'
mycode=EAN13(number, writer=ImageWriter())
mycode.save('new')

9. PyautoGUI

Pyautogui adalah salah satu perpustakaan Python terbaik yang bekerja dengan otomatisasi beberapa operasi. Beberapa fungsi yang dapat kalian coba dengan library ini adalah mouse untuk mengotomatisasi interaksi, kata kunci untuk mengotomatisasi interaksi, kotak pesan, screenshot.

pip install pyautogui

Dalam program ini, menggunakan pyautogui, kami mengambil tangkapan layar dengan program Python.

import pyautogui
screenshot = pyautogui.screenshot()
screenshot.save("screenshot.png")                                                 

Silahkan kalian coba Package Python Menarik yang ada diatas!

ref: https://levelup.gitconnected.com/10-fantastic-python-packages-af2a16a1183a

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :