Cara berbagi hard drive eksternal antara Mac dan Windows

By | January 2, 2022
Print Friendly, PDF & Email
278 Views

Cara berbagi hard drive eksternal antara Mac dan Windows – Masalah kompatibilitas antara Microsoft Windows dan Apple MacOS telah berkurang tajam selama bertahun-tahun, tetapi itu tidak berarti masalah tersebut benar-benar hilang. Hari ini, jika kalian membeli hard drive eksternal baru untuk digunakan secara bersama-sama dalam hal ini berbagi hard drive eksternal antara Mac dan Windows akan menemui sedikit kendala

Tapi tidak usah kuatir, untungnya, ada solusi. Kalian dapat “mempartisi” hard drive atau membaginya menjadi beberapa bagian dengan aturan dan fungsi yang berbeda. Dalam hal ini, kalian dapat mempartisi drive sehingga sebagian berfungsi dengan baik dengan MacOS dan sebagian berfungsi dengan baik dengan Windows. Kedua komputer memiliki alat/tools yang diperlukan untuk membantu mempartisi drive baru setelah kalian menghubungkannya.

Split Partisi Hardisk

Secara umum saat ini format drive secara default yang banyak digunakan yaitu exFAT. Ini adalah metode universal yang lebih sederhana jika setiap file yang kalian simpan berukuran kurang dari 4GB. Namun, format ini tidak mendukung file yang lebih besar, yang dapat menjadi masalah untuk mentransfer video 4K dan sebagainya antara Mac dan Windows 10 PC.

Kalian bisa mencobanya ketika memindah/copy data berukuran lebih dari 4GB ke flashdisk dengan format exFAT, maka akan muncul peringatan. Tapi yang dimaksud hal ini yaitu 1 file berukuran jumbo bukan kumpulan file/folder yang banyak

Sementara itu, sistem NTFS yang digunakan oleh Windows 10 mendukung file berukuran besar, tetapi format ini tidak dapat dibaca secara native oleh MacOS. Hal yang sangat aneh ketika kita membatasi file apa pun yang dibagikan antara dua platform pada 4GB atau lebih kecil. Misalkan jika kalian ingin menyimpan file yang lebih besar, maka harus membuat ruang khusus kedua menggunakan format yang dioptimalkan untuk MacOS (Extended) atau Windows 10 (NTFS).

See also  Cek apakah PC Windows 10 mu dapat Menjalankan Windows 11

Dengan semua itu, kita akan membagi drive eksternal menjadi dua: Satu bagian utama yang mampu menyimpan file yang lebih besar dari 4GB, dan bagian sekunder yang mampu berbagi file antara MacOS dan Windows 10. Ini bukan solusi ideal sih tapi tetap bekerja.

Sebelum melakukan hal tersebut, pilih format utama yang paling sering kalian gunakan:

  • MacOS Extended jika kalian menggunakan Mac dengan partisi exFAT sekunder, atau
  • NTFS jika kalian menggunakan Windows 10 dengan partisi exFAT sekunder.

Terakhir, pemformatan akan menghapus semua data yang tersimpan di drive. Pastikan kalian mencadangkan sesuatu yang penting sebelum memulai proses pemformatan.

Berikut langkah Cara berbagi hard drive eksternal antara Mac dan Windows dengan melakukan split partisi.

Cara melakukan partisi hardisk di Windows 10

Kita bahas cara melakukan partisi hardisk di Windows 10. Mari kita melalui langkah-langkah penting yang perlu kalian ketahui untuk mempartisi hardisk dengan cepat saat bekerja di Windows. Prosesnya tidak begitu mudah di Windows daripada yang kalian lihat di Mac, tetapi sekarang lebih mudah dari sebelumnya.

Langkah 1: Klik kanan pada tombol Start dan pilih Disk Management pada menu Power User.

Windows 10 akan membagi Drive seperti berikut

  • Drive boot utama (C:) hosting Windows dan program lain muncul sebagai Disk 1.
  • Jika PC memiliki drive “data” sekunder (D:), Manajemen Disk menetapkannya sebagai Disk 0.
  • Windows 10 biasanya mencantumkan drive eksternal sebagai Disk 2 bersama dengan label alfabet berikutnya berturut-turut jika kalian tidak memiliki penyimpanan berbasis disk internal lainnya. Windows 10 mencantumkan drive optik secara berbeda.

Biasanya, drive eksternal diformat di luar kotak. Namun, kalian mungkin mengalami kesalahan “Tidak Diinisialisasi” saat menghubungkan perangkat ke PC. Itu berarti tidak diformat dengan benar untuk bekerja dengan Windows. Itu bahkan tidak akan memiliki huruf drive yang ditetapkan di File Explorer (PC ini), dan bahkan mungkin tidak mengalokasikan ruang untuk menyimpan data.

See also  Aplikasi Battery Usage di Windows

Jika kalian melihat jendela pop-up Inisialisasi Disk, ini menyediakan dua format: Master Boot Record (MBR) dan GUID Partition Table (GPT). Yang pertama lebih tua dan hanya mendukung kapasitas hingga 2TB, tetapi kompatibel dengan versi Windows yang lebih lama. GPT adalah format yang lebih baru yang mendukung kapasitas yang lebih besar tetapi tidak kompatibel dengan versi Windows yang lebih lama.

Pilih gaya partisi dan klik tombol OK untuk melanjutkan. Jika kalian tidak sengaja menutup pop-up, klik kanan pada disk yang terdaftar dan pilih Inisialisasi Disk pada pop-up.

Langkah 2: Klik kanan pada ruang yang tidak terisi, dan pilih opsi New Simple Volume pada menu pop-up, seperti yang ditunjukkan di bawah ini. Misalkan kita punya hardisk ukuran 1 TB akan kita split partisi menjadi 2 bagian (400 GB untuk NTFS Windows dan 400 GB untuk MacOs Extended)

Langkah 3: New Simple Volume Wizard. Klik tombol Berikutnya, kita setting 400Gb seperti berikut

Langkah 4: Karena kita membuat dua partisi, bagilah bilangan fisik yang terdaftar menjadi dua. Ketik nomor itu ke dalam bidang di sebelah Simple volume size  dalam MB dan klik tombol Berikutnya untuk melanjutkan. Dalam skenario kita membagi solid-state drive SanDisk Ultra 1 TB.

Langkah 5: Izinkan Wizard untuk menetapkan huruf drive, atau menetapkan huruf secara manual menggunakan menu drop-down. Klik tombol Berikutnya untuk melanjutkan.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :