Manajemen File dan Folder di R

By | January 2, 2022
Print Friendly, PDF & Email
227 Views

Manajemen File dan Folder di R – sebagai daily driver untuk kegiatan analisis sehari-hari di R/RStudio, maka pengenalan manajemen File dan Folder di R perlu juga dipelajari untuk mempercepat pengaturan tanpa perlu banyak klik menu di RStudio. Hampir setiap tools bahasa mempunyai fitur dasar ini.

Mari kita ulas saja Manajemen File dan Folder di R mulai dari pengecekan direktori, perintah yang digunakan yaitu  dir(). Untuk mengetahui lebih lanjut informasi mengenai direktori tersebut, perintah yang digunakan yaitu  file.info(dir()) . Berisi lengkap mengenai status file dan direktori.

Manajemen Folder/Direktori

Untuk setting direktori kerja, misalkan sebelumnya berlokasi di  D:/proyek1 pindah ke  D:/proyek2  perintah yang digunakan yaitu  setwd('D:/proyek2')

Kita bisa cek direktori kerja kita atau work directory (direktori kerja saat ini), gunakan perintah  getwd() . Mau buat create direktory cukup gunakan perintah dir.create('D:/proyek3')

Delete/remove directory pun sangat mudah, bahkan kalian bisa kasih argument recursive untuk memastikan semua sub direktori terhapus

 unlink("home/document/folder_name",recursive=TRUE)

Manajemen File

Perintah diatas berkenaan dengan direktory, namun tidak usah kuatir perintah yang berkenaan dengan file juga ada, seperti perintah untuk cek file yaitu  file.exists("home/document/folder_name/file_name.txt")

Sedangkan untuk perintah copy file yaitu file.copy("home/file_name.txt","data/file_name.txt") untuk urusan overwrite file, cukup kasih argument berikut file.copy("home/file_name.txt","data/file_name.txt",overwrite=TRUE)

Perintah Rename file yaitu  file.rename("home/document/file_name.txt","home/document/file_name2.txt")

Perintah Compress file ke ZIP yaitu

zip("home/document/zip_file_name.zip","home/document/file_name.txt")

perintah Extract file ZIP yaitu  unzip("home/document/zip_file_name.zip",exdir="home/document/folder_name2")

 

See also  Belajar Riset Operasi Bagian 1

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :