Mode Safe Sleep dan Hibernate untuk menghemat umur baterai

By | June 7, 2022
Print Friendly, PDF & Email
108 Views

Mode Safe Sleep dan Hibernate –Secara default bagi pengguna macbook ketika menutup layar laptop, maka sebenarnya laptop tersebut dalam mode sleep yang masih membutuhkan supply daya. Keuntungan dalam mode sleep yaitu instan on ketika akan digunakan kembali.

Mode Sleep

Mode sleep pada macbook berarti Microprocessor memasuki mode daya-rendah, Output video dimatikan, dan layar yang terhubung mungkin dimatikan/idle kemudian akan mematikan seperti Port Ethernet, Expansion card slots, AirPort card, Input dan ouput audio, Backlit illumination pada keyboard dimatikan.

Mode sleep akan tetap membutuhkan daya baterai untuk macbook M1 terkadang dalam waktu 12 jam akan berkurang sekitar 5% dalam mode sleep. Namun ada mode yang lebih hemat daya/tidak menggunakan daya yaitu hibernate.

Mode Hibernate

Mode hibernate yaitu menulis semua yang ada di RAM kedalam hardisk sehingga tidak akan membutuhkan daya. Mode hibernate jauh lebih baik daripada shutdown karena proses shutdown akan memulai kembali dari awal.

Cek Mode Sleep/Hibernate

Secara default Macbook disetel dalam mode safe sleep (3), lebih jelasnya sebagai berikut

  1. hibernatemode 0 (standard sleep): secara default didukung pada desktop. Sistem tidak akan mencadangkan memory pada peyimpanan yang harddisk. Sistem akan membaca dari isi memory (RAM). Sistem tidak akan kehilangan konteks pada mati daya. Secara historis, ini adalah sistem sleep lama.
  2. hibernatemode 1 (hibernate mode, for pre-2005 portable MacBooks)
  3. hibernatemode 3 (safe sleep): secara default didukung pada komputer portabel atau laptop. Sistem akan menyimpan sebuah salinan memory pada penyimpanan persisten (disk), dan akan memberi daya pada memory selama mode sleep. Sistem akan terbangun dari memory, kecuali mati daya memaksa itu untuk mengembalikan dari disk.
  4. hibernatemode 25 (hibernate mode for post-2005 MacBooks): hanya dapat diatur via pmset. Sistem akan menyimpan sebuah salinan memory ke penyimpanan persisten (disk), dan akan melepas daya pada memory. Sistem akan dikembalikan dari disk. Karena tidak menggunakan daya baterai maka umur baterai akan awet
See also  Emulator Android Bluestack di Mac M1

Cara mengeceknya cukup mudah kok, buka saja aplikasi terminal, ketikan perintah berikut

pmset -g | grep hibernatemode

keluaran

hibernatemode 3

Untuk mengubah kedalam mode hibernate maka kita ubah saja ke angka 25, dengan perintah berikut

pmset -a hibernatemode 25

Jangan gunakan nilai selain 0, 3, atau 25

Pilih mode safe sleep atau hibernate

Sebaiknya memilih safe sleep atau hibernate? Biasanya kita menggunakan laptop karena urusan lebih mobile sehingga kemudahan menjadi hal utama. Terkadang dalam menggunakan laptop tidak terus-terusan dan akan digunakan dalam beberapa menit/jam kemudian maka sebaiknya menggunakan safe sleep saja sehingga ketika menyalakan laptop tidak harus menunggu waktu yang lama.

Sedangkan kalau akan digunakan dalam waktu yang cukup lama mungkin lebih dari 12 jam, ya sebaiknya menggunakan mode hibernate yang tidak menggunakan daya baterai sehingga umur baterai lebih awet.

Kesimpulannya yaitu untuk menghemat umur baterai lebih baik menggunakan hibernate.

ref:

https://computers.tutsplus.com/id/tutorials/how-to-hibernate-a-mac–cms-23235

https://mackeeper.com/blog/mac-sleep-modes-explained/

https://www.lifewire.com/change-mac-sleep-settings-2260804

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :