Pergerakan Saham Pasca IPO, untung atau boncos, yuk lihat daftarnya?

By | September 23, 2022
Print Friendly, PDF & Email
137 Views

Mencari pembiayan/modal untuk setiap perusahaan bisa mulai dari pinjaman ke BANK, menerbitkan surat Utang dan menawarkan kepemilikan ke masyarakat. IPO initial public offering adalah suatu perusahaan atau emiten menawarkan dan menjual efek-efek yang diterbitkannya dalam bentuk saham kepada masyarakat secara luas atau dikenal dengan istilah go public. Pergerakan Saham Pasca IPO di akhir artikel akan ditampilkan emiten mana saja yang mendapatkan capital gain tertingginya dan bagaimana dengan harga per 22 september 2022?

Secara umum perusahaan membutuhkan waktu 3 sampai 12 bulan untuk persiapan IPO, meliputi menunjukan penjamin emisi/underwriter yang bertugas untuk mengevaluasi nilai perusahaan guna menentukan nilai saham yang akan dijual kepada publik. Selain itu juga perusahaan mempersiapkan berbagai macam dokumen, seperti laporan keuangan beberapa tahun terakhir, profil perusahaan, rencana perusahaan ke depannya, opini hukum, untuk diajukan pada BEI dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk direview oleh BEI.

Tahapan selanjutnya jika memenuhi syarat maka BEI akan memberikan ijin prinsip Perjanjian Pendahuluan Pencatatan Saham. Langkah selanjutnya untuk perusahaan tersebut yaitu memberikan Pernyataan Pendaftaran dan dokumen pendukung, seperti prospektus, kepada OJK dan bila disetuji oleh OJK maka perusahaan bisa mempublikasikan prospektus ringkas di media dan melakukan penawaran awal (bookbuilding). Kemudian, perusahaan pun bisa melakukan penawaran umum kepada publik, serta melakukan pencatatan dan perdagangan saham di BEI. BEI lalu akan memberi persetujuan dan mengumumkan pencatatan saham perusahaan, serta kode saham (ticker code) perusahaan guna keperluan perdagangan saham di Bursa. Adapun masa penawaran umum saham kepada publik biasanya dilakukan selama 1-5 hari

https://www.idx.co.id/Portals/0/StaticData/Information/ForCompany/Panduan-Go-Public%20_Dec-2015.pdf

Bagaimana mendapatkan IPO perusahaan?

E-IPO electronic initial public offering (e-IPO) dalam pasar modal Indonesia. Sistem e-IPO merupakan sistem penawaran umum berbasis web yang dapat diakses investor seperti prospektus. Kalian bisa menggunakan stockbit/indopremier/ajaib sekuritas untuk mendapatkan IPO. Hal yang perlu diketahui untuk IPO yaitu

  1. Tahapan bookbuilding atau penawaran awal. Pada masa penawaran awal ini, harga saham perdana masih berupa rentang harga. Anda dapat menyampaikan minat pemesanan saham dengan mengisi harga saham sesuai keinginan dalam rentang harga yang telah ditentukan. Minat investor ini menjadi dasar penentuan harga penawaran perdana yang digunakan oleh emiten dan underwriter. Semakin tinggi minat terhadap suatu saham, maka harga saham perdananya akan ditawarkan lebih tinggi. Masa penawaran awal ini dapat berlangsung selama periode 7-21 hari kerja.
  2. Offering kepada publik yang berlangsung selama 1-5 hari kerja. Pada masa ini, harga saham yang ditawarkan bersifat final.
  3. Penjatahan (allocation). Apabila permintaan saham dari investor melebihi jumlah saham yang ditawarkan, maka akan dilakukan mekanisme penjatahan. Uang investor yang pesanan sahamnya tidak dipenuhi akan dikembalikan
See also  Strategi Mengurangi Dividen Trap

Pergerakan Saham Pasca IPO

Hal yang paling penting untuk mengikuti IPO yaitu membaca isi prospektus, apakah dana tersebut untuk pengembangan usaha atau hanya mencicil hutang perusahaan. Harapan investor untuk mengikuti IPO yaitu agar dapat capital gain. Pergerakan Saham Pasca IPO pada Januari – Juni 2022 sebagai gambaran apakah mengikuti IPO menguntungkan alias harga bisa terbang?

Kita bisa melihat tabel berikut yang berisikan tanggal listing perdana dan harga tertinggi yang bisa dicapai serta periode nya.

Penjelasan columnya yaitu

  1. Date_x adalah tanggal listing perdana
  2. Price adalah harga IPO
  3. Date_y adalah tanggal dengan harga tertingginya
  4. Close adalah harga close pada tanggal Date_y
  5. Cuan % adalah capital gain dalam satuan persen

Ternyata beli saham pada proses IPO sangat menguntungkan tapi ada 2 emiten yang sampai bernilai negatif dan itu merupakan harga tertingginya setelah IPO yaitu ADCP dan SMKM. Hanya hitungan hari saham tersebut beterbangan kayak burung. Jadi anggapan beli barang yang bisa langsung terbang kayak beli burung yaitu beli saham IPO ada betulnya juga

Emiten fenomenal ADMR paling jos besutan abang erick tohir emang mantap!

Tertarik donk ikuti IPO Perusahaan Siap IPO di akhir tahun 2022

Dipegang terus gimana?

Ibarat barang bagus kalau dijual juga sayang donk, tapi tidak dengan emiten-emiten berikut yang per 22 September 2022 malah akan boncos!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :