Pola-Pola Umum Deret Waktu

By | November 29, 2022
Print Friendly, PDF & Email
73 Views

Analisis time series/deret waktu diperlukan pengetahuan dasar mengenai pola-pola umum deret waktu. Ketika sebuah deret waktu digambarkan/diplot, akan terlihat suatu pola-pola tertentu. Pola-pola tersebut dapat dijelaskan oleh banyaknya kemungkinan hubungan sebab-akibat.

Pola-pola umum deret waktu terbagi menjadi yaitu acak, trend, musiman, dan siklus. Agar lebih memahami pengertian tersebut, kita dapat melakukan visualisasi melalui grafik time series berikut.

Pola Acak

Pola acak, dihasilkan oleh banyak pengaruh independen yang menghasilkan pola non-sistematik dan tidak berulang dari beberapa nilai rataan.

pola acak

Pola acak

Pola trend

Peningkatan atau penurunan secara umum dari deret waktu yang terjadi selama beberapa periode tertentu. Trend disebabkan oleh perubahan jangka panjang yang terjadi di sekitar faktor-faktor yang mempengaruhi data deret waktu.

pola trend

Pola musiman

dihasilkan oleh kejadian yang terjadi secara musiman atau periodik (contoh: iklim, liburan, kebiasaan manusia). Suatu periode musim dapat terjadi tahunan, bulanan, harian, dan untuk beberapa aktivitas bahkan setiap jam

Pola musiman

Pola siklis

Biasanya dihasilkan oleh pengaruh ekspansi ekonomi dan bisnis dan kontraksi (resesi dan depresi). Pengaruh siklis ini sulit diramalkan karena pengaruhnya berulang tetapi tidak periodik.

pola siklus

 

See also  Forecasting Pergerakan Saham dan Foreign Flow

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :