Belajar R – Bekerja dengan RStudio untuk Mempermudah Analisis Statistik

By | January 14, 2021
Print Friendly, PDF & Email
1,606 Views

Sinopsis

Sejak menggunakan R untuk melakukan analisis data statisik terutama untuk analisis finansial yang rumit daripada menggunakan Matlab, Python, Minitab, ataupun excel maka penulis lebih cenderung menggunakan R, tapi bagi kalian yang males coding sih bisa menggunakan R-Commander. Alasan penulis menggunakan R karena sangat mudah digunakan untuk cleaning dan filtering data,  mengingat tidak semua dataset itu langsung bisa digunakan alih-alih menggunakan excel seperti PIVOT maka dengan package dplyr akan sangat mudah dilakukan. Urusan mengetik code dalam R akan terasa lebih mudah kalau kalian menggunakan R-Studio lho daripada hanya menggunakan R-Console yang tampilan begitu-begitu saja.  Rstudio datang dengan 2 versi yaitu desktop dan server yang bisa digunakan secara gratis. Namun kalian pilih saja Rstudio versi desktop, menurut situs resminya Rstudio dibuat menggunakan bahasa C++ dan antar muka QT, sebelum kalian menggunakan Rstudio harus terlebih dahulu install R. Berikut tampilan Rstudio yang mirip sekali dengan Matlab dan Spyder-Python.

Layout RStudio

Bila kalian pernah menggunakan Matlab ataupun Spyder-Python tentu tidak asing lagi dengan tampilan tersebut

Widget Editor

Widget ini digunakan untuk membuat, mengedit, dan menyimpan script R yang dilengkapi dengan  fitur autocomplete yang akan memudahkan kita dalam membuat script.

Widget Console

Widget ini digunakan untuk mengeksekusi command dari script R yang dibuat ataupun kalian bisa mengetikan sendiri script nya.

Widget Environment

Widget ini digunakan untuk menampilkan informasi mengenai variabel yang ada di memori

Download

Rstudio disediakan secara gratis yang bisa kalian download di https://www.rstudio.com/products/rstudio/download/

Mencoba Rstudio dan setup Directory

Rstudio sangat mudah digunakan koq, jadi nggak pakai ribet dalam mengoperasikannya, seperti biasa kalian setup dulu work directory

 

Setting Lebih lanjut

Kalian bisa melakukan setting font ataupun mirror package dengan mengakses Tools -> Global Options

Gimana menurut kalian? sangat dipermudah sekali menggunakan R untuk tools data analyst kalian.  Bahkan artikel yang ditulis disini kebanyakan menggunakan RStudio koq

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :