130 Views

Apa yang terjadi ketika hardisk eksternal HDD terjatuh tanpa sengaja dari meja dengan ketinggian 1 meter serta 2 kali jatuh? Itulah yang terjadi! rusak seketika data sebanyak 700 GB tidak bisa diakses! walaupun sudah menggunakan software khusus! seperti Easus Data Recovery – https://www.easeus.com/ad/external-drive-recovery.html.  Aplikasi ini pernah saya gunakan ketika tidak sengaja terformat USB dan berhasil daripada menggunakan software yang lain. Namun demikian masih saja tidak bisa diakses oleh software tersebut. Gila saja, data yang disimpan terdiri dari project rumit serta ratusan giga master program tentu bikin jengkel.

Dr-hardisk

Tapi untungnya mesin masih bekerja dengan baik karena ketika dicolokan masih hidup lampu led dan piringan masih muter tapi tidak terbaca apapun. Setelah hampir 1 bulan lamanya hardisk HDD tersebut disimpan rapi agar suatu saat bisa diperbaiki lagi dan itu ada kesempatan yaitu di http://www.dr-hardisk.com/ alias dijogja, begitu ada kesempatan untuk ke jogja saya sudah booking via WA.

Tempatnya pun dapat dengan mudah dijangkau yaitu depan MM UGM atau sebelum simpang 4, tadinya sih ragu karena tampilan website tersebut agak jaman old! begitu disana disuruh booking via website agar mendapatkan no tiket, serta menyerahkan uang DP sebesar 100ribu saja, dengan daftar di http://www.dr-hardisk.com/online/pesan.php?

Check HDD

Pihak dr-hardisk menyarankan untuk melakukan check hdd dengan program HD Sentinel. Instruksinya: download http://www.dr-hardisk.com/sentinel.rar, extract (password: 2020), jalankan HDSentinel (Application), colokkan hard disk-nya bila hard disk external, lalu fotokan layar utama HD Sentinel apabila informasi kesehatannya sudah terbaca.

Atau kesini saja download nya https://drive.google.com/file/d/1z-Da3J8Z1An5lSYQOBEY_fWxmG2BVHYF/view?usp=sharing

Jangan lupa siapkan storage

Kalian siapkan storage lagi untuk menyimpan data hasil recovery, Bila sudah booking dengan mengisi data KTP, no serial hardisk lama dan no serial hardisk baru serta merk yang digunakan dan kapasitasnya. Jangan lupa kasih keterangan, misalkan kronologi kejadian agar bisa ditelusuri metode yang tepat untuk bisa di restore. Waktu kerja sekitar 2-3 hari, ntar hasilnya akan di WA dan menunjukan KTP asli untuk mengambilnya.

Syukurlah saja bisa diselamatkan, walaupun dari 700 GB yang bisa direcovery hanya 300 GB itu lebih dari cukup karena data yang dibutuhkan berupa file-file project sedangkan untuk file master program, ntar akan download lagi sesuai keperluan.

Pilih Storage Eksternal berbasis SSD

Kapok itulah yang saya alami menggunakan storage bertipe HDD karena ketika jatuh bisa repot! tipe HDD menggunakan mekanisme mekanikal alias piringan untuk menyimpan data serta lambat juga tapi murah sih… berbeda dengan SSD yang kapasitasnya 512GB saja harganya bisa 1jutaan lebih. Setelah dipertimbangkan lagi, saya memilih WD My Passport GO yang nggak pakai ribet karena sudah dilengkapi dengan kabel USB built in, serta kabel tersebut bisa diselipkan dibagian belakang sehigga sangat praktis nggak perlu bawa kabel tambahan lagi.

Produk tersebut betul2 dirancang untuk yang mobilitasnya tinggi, yang saya suka selain ada kabel bawaan menjadi ringkas juga dilengkapi dengan karet untuk melindungi ketika SSD tersebut jatuh ke lantai, ukurannya yang ringkas – kecil serta ringan daripada HDD.

Untuk kedepannya saya berencana menggunakan SSD semuanya untuk menyimpan semua data  biar aman! karena data itu kalau sudah hilang, maka bikin pusing saja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

58 − = 52