VirtualBox untuk Apple Silicon (M1 / M2)

By | October 25, 2022
Print Friendly, PDF & Email
158 Views

Bagi pengguna Mac VirtualBox tentu akan senang mengetahui bahwa VirtualBox sekarang berjalan secara native pada prosesor Apple Silicon ARM, termasuk M1 dan M2. VirtualBox adalah perangkat lunak virtualisasi yang memungkinkan kita untuk menjalankan sistem operasi lain di dalam OS langsung dari aplikasi, misalnya kita dapat menjalankan Linux atau Windows langsung di dalam VirtualBox, dan tanpa harus menggunakan dual-boot atau apa pun.

Melalui virtualbox proses memvirtualisasikan perangkat keras (dapat disesuaikan untuk mengalokasikan RAM, kapasitas penyimpanan, dll), sehingga sistem operasi itu sendiri tidak tahu bahwa itu tidak berjalan pada perangkat keras yang sebenarnya.

VirtualBox untuk M1/M2

Sementara secara teknis dalam versi beta, siapa pun bisa mendapatkan akses ke pratinjau pengembang beta ARM build dari VirtualBox melalui situs web VirtualBox. Seperti biasa, VirtualBox sepenuhnya gratis untuk diunduh dan digunakan.

Buka https://www.virtualbox.org/wiki/Downloads untuk menemukan unduhan yang sesuai, terdaftar sebagai “Pratinjau pengembang untuk host macOS / Arm64 (M1/M2)”

Mari kita coba install ubuntu. Oiya saat ini ubuntu versi server yang tersedia di arm yaitu https://ubuntu.com/download/server/arm ataupun menggunakan Download the Windows 11 VM ARM https://www.microsoft.com/en-us/software-download/windowsinsiderpreviewARM64

Sebagai informasi saja, untuk kali linux ARM kali-linux-2022.3-installer-arm64.iso, udah dicoba tapi ada error yaitu

Result Code: NS_ERROR_FAILURE (0X80004005)
Component: ConsoleWrap
Interface: IConsole {6ac83d89-6ee7-4e33-8ae6-b257b2e81be8}

Sehingga tidak bisa run.

Selain menggunakan virtualbox, kalian juga bisa menggunakan UTM seperti di  https://docs.getutm.app/guides/ubuntu/. Namun saya coba dengan kali linux masih saja error.

See also  Cara Aktifkan Fitur Hibernate di mac OS

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :