Install Latex dan Editor

By | February 9, 2023
Print Friendly, PDF & Email
393 Views

LaTeX adalah software pemrosesan dokumen yang digunakan untuk membuat dokumen ilmiah, teknis, atau matematis. Ini memiliki banyak fitur yang membuatnya menjadi pilihan populer bagi penulis dan penyunting dokumen ilmiah. Salah satu hal yang menjadi daya tarik LaTeX adalah format yang sangat presisi dan konsisten.

LaTeX memiliki banyak paket yang membuatnya mudah digunakan untuk membuat dokumen dengan format yang berbeda-beda. Beberapa paket membantu membuat tabel, grafik, atau rumus matematis, sementara yang lain membantu membuat dokumen dengan format jurnal ilmiah.

LaTeX juga memiliki fitur yang membuat dokumen mudah dipelajari dan dibaca oleh orang lain. Misalnya, LaTeX memiliki konsep “konteks” yang memungkinkan pengguna untuk mengatur bagaimana suatu elemen dokumen akan ditampilkan. Ini membantu memastikan bahwa elemen dokumen seperti tabel, grafik, atau rumus matematis ditampilkan dengan benar dan dapat diterima serta dipahami oleh pembaca dari berbagai negara.

Untuk membuat dokumen latex kalian butuh Engine dan Editor (bisa pakai notepad)

Latex butuh Engine

Yup format latex membutuhkan engine yaitu mengubah format latex menjadi beragam format seperti format pdf. Jadi kalian wajib install terlebih dahulu, misalkan miktex dan pastikan mode administrator dalam proses installnya ya

Visual Editor

Untuk urusan editor, sebenarnya kalian bisa kok menggunakan notepad tapi disarankan karena tidak mendukung fitur auto complete. Nah kalian bisa menggunakan texmaker ataupun kile.

Contoh Latex

Berikut contoh latex, simpan dengan nama latihan1.tex dan ketikan dokumen berikut dan build nya ke format PDF

\documentclass{article}
\usepackage{graphicx}
\graphicspath{ {D:/} }
\begin{document}
ini contoh latext
\textbf{ini kalimat tebal}
\newpage 
halaman terbaru mu
\includegraphics[width=5cm, height=4cm]{gambar.png}
\end{document}

 

Leave a Reply