Mencari Pin Vin 5 Volt dan Vcc 3.3 Volt pada NodeMCU

By | November 1, 2023
Print Friendly, PDF & Email
595 Views

NodeMCU sangat menyenangkan sekali dalam urusan IoT karena tidak perlu ribet menerima dan mengirim data karena hanya menggunakan Wifi saja yang merupakan keunggulan mikrokrontroler ini. Mungil dan harganya sangat murah tidak sampai 50 ribu per keping nya.

Tapi bagi kita telisik lebih jauh, ternyata kebanyakan modul sensor saat ini bekerja dengan menerima input VCC 5 volt! padahal NodeMCU hanya memberikan Vcc 3.3 volt saja! Lha apakah sensor yang interfacing dengan NodeMCU kudu punya adapter sendiri! tentu hal ini tidak praktis untuk mencari Vcc 5 Volt!

Tenang saja, kalian bisa sebenarnya menggunakan pin Vin 5 Volt lho tapi ini kudu hati-hati karena menggunakan langsung dari catu daya USB tanpa ada regulator tegangan yang mengaturnya.

Lebih jelasnya saya akan menggunakan multimeter untuk mengukur apakah pin Vin itu mengeluarkan voltase 5 volt? Berikut hasilnya

Pin Vin untuk 5 Volt

Sedangkan pin Vcc yang defaultnya mengeluarkan angka 3.3 Volt

Pin Vcc 3.3 Volt

Ingat ya, pakai colokan USB yang betul2 bagus untuk menggunakan Vin 5 Volt karena pin tersebut langsun menggunakan catu daya dari USB tanpa ada regulator tegangan!

 

Modul 4 Channel Logic Level Converter IIC 5V To 3.3V Bi Directional

Oiya ada produk bagus dengan nama Modul 4 Channel Logic Level Converter IIC 5V To 3.3V Bi Directional


Logic level converter ini berguna untuk melakukan komunikasi antara peralatan yang berbeda tegangan, dalam hal ini 5V dengan 3.3V. Modul ini mampu menurunkan signal 5V menjadi 3.3V dan sebaliknya menaikkan signal 3.3V menjadi 5V disaat yang bersamaan. Total ada sebanyak 4 channel signal yang dapat dipakai untuk melakukan komunikasi dua arah.

See also  Pengertian dan Penggunaan Modul SPI: Meningkatkan Efisiensi Komunikasi Antar-Perangkat

Cara pemakaiannya cukup mudah yaitu signal dari tegangan 3.3V dihubungkan dengan pin LV sedangkan untuk signal dari tegangan 5V dihubungkan dengan pin HV. Hubungkan kabel ground pada pin GND.

Apakah kalian sudah pernah coba?

Leave a Reply