231 Views

Setidaknya ada beberapa term teknologi yang perlu kalian tahu mengenai cara kerja bahasa Java yaitu tentang JDK (java development kit), JRE (java runtime environment), dan JVM (java virtual machine).

Apa itu JDK?

JDK adalah lingkungan pengembangan perangkat lunak yang digunakan untuk membuat applet dan aplikasi Java. Kepanjangan dari JDK adalah Java Development Kit. Pengembang Java dapat menggunakannya di Windows, macOS, Solaris, dan Linux. JDK membantu mereka membuat kode dan menjalankan program Java. Dimungkinkan untuk menginstal lebih dari satu versi JDK di komputer yang sama karena perbedaan versi yang digunakan. Kalian bisa download JDK disini

Mengapa menggunakan JDK?

Berikut adalah alasan penting menggunakan JDK:

  1. JDK berisi alat yang diperlukan untuk menulis program Java, dan JRE untuk menjalankannya.
  2. Ini termasuk kompiler, peluncur aplikasi Java, Appletviewer, dll.Compiler mengubah kode yang ditulis dalam Java menjadi kode byte.
  3. Java application launcher akan membuka JRE, memuat kelas yang diperlukan, dan menjalankan metode utamanya.

Berikut adalah komponen penting JDK:

  1. JDK dan JRE: JDK memungkinkan pemrogram untuk membuat program inti Java yang dapat dijalankan oleh JRE, termasuk JVM dan perpustakaan kelas.
  2. Class Libraries: adalah sekelompok pustaka yang dapat dimuat secara dinamis yang dapat dipanggil oleh program Java pada saat berjalan.
  3. Compilers: adalah program Java yang menerima file teks dari pengembang dan mengkompilasi ke dalam file kelas Java. Ini adalah bentuk keluaran umum yang diberikan oleh compiler, yang berisi kode byte Java. Di Java, kompiler utama diberi nama denganĀ  Javac.
  4. Debugger: Debugger adalah program Java yang memungkinkan pengembang menguji dan men-debug program Java.
  5. JavaDoc: JavaDoc adalah dokumentasi yang dibuat oleh Sun Microsystems untuk Java. JavaDoc dapat digunakan untuk menghasilkan dokumentasi API dalam file HTML dari program sumber

Apakah JRE itu?

JRE adalah bagian dari perangkat lunak yang dirancang untuk menjalankan perangkat lunak lain. Kepanjangan dari JRE adalah Java Runtime Environment yang berisi perpustakaan/library kelas, kelas loader, dan JVM. Secara sederhana, jika ingin menjalankan program Java, pasti akan membutuhkan JRE. Jika kalian bukan seorang programmer java, maka tidak perlu menginstal JDK, tetapi hanya JRE untuk menjalankan program Java.

Namun saat ini, semua versi JDK dibundel dengan Java Runtime Environment, jadi kalian tidak perlu mengunduh dan menginstal JRE secara terpisah di PC.

Mengapa menggunakan JRE?

Berikut alasan penting menggunakan JRE:

  1. JRE berisi perpustakaan kelas, JVM, dan file pendukung lainnya. JRE tidak berisi alat apa pun untuk pengembangan Java seperti debugger, kompiler, dll.
  2. JRE menggunakan kelas paket penting seperti pustaka matematika, swingetc, util, lang, awt, dan runtime.
  3. Jika harus menjalankan applet Java, JRE harus diinstal di sistem.

Bagaimana Fungsi JRE?

JRE memiliki instance JVM dengannya, kelas perpustakaan, dan alat pengembangan. Setelah kalian menulis dan mengkompilasi kode Java, kompilator menghasilkan file kelas yang memiliki kode byte. Berikut adalah komponen penting JRE:

  1. Class Loader: Pemuat kelas memuat berbagai kelas yang diperlukan untuk menjalankan program Java. JVM menggunakan tiga pemuat kelas yang disebut pemuat kelas bootstrap, pemuat kelas ekstensi, dan pemuat kelas sistem.
  2. Byte Code Verifier: Pemverifikasi kode byte memverifikasi bytecode sehingga kode tersebut tidak mengganggu penerjemah.
  3. Interpreter: Setelah kelas dimuat, dan kode diverifikasi, interpreter membaca kode baris demi baris.
  4. Run-time: Run-time adalah sistem yang digunakan terutama dalam pemrograman untuk menggambarkan periode waktu selama program tertentu sedang berjalan.
  5. Hardware: Setelah kalian mengompilasi kode asli Java, kode ini berjalan pada platform perangkat keras tertentu.

Apa itu JVM?

JVM adalah mesin yang menyediakan lingkungan runtime untuk menjalankan Kode Java atau aplikasi dengan mengubah bytecode Java menjadi bahasa mesin. JVM adalah bagian dari Java Run Environment (JRE) sehinggga hal itu tidak dapat diunduh dan dipasang secara terpisah. Untuk menginstal JVM, kalian perlu menginstal JRE. Kepanjangan dari JVM adalah Java Virtual Machine.

Dalam banyak bahasa pemrograman lainnya, kompilator menghasilkan kode mesin untuk sistem tertentu. Namun, compiler Java menghasilkan kode untuk mesin virtual yang disebut JVM.

Mengapa JVM?

Berikut alasan penting menggunakan JVM:

  1. JVM menyediakan cara independent OS untuk mengeksekusi kode sumber Java.
  2. JVM memiliki banyak perpustakaan, alat, dan kerangka kerja.
  3. Setelah menjalankan program Java, kalian dapat menjalankannya di platform apa pun dan menghemat banyak waktu.
  4. JVM hadir dengan kompiler JIT (Just-in-Time) yang mengubah kode sumber Java menjadi bahasa mesin tingkat rendah. Karenanya, ini berjalan lebih cepat sebagai aplikasi biasa.

untuk cara kerja JVM dan detailnya, bisa kalian pelajari disini

ref:

www.java.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

+ 37 = 41