257 Views

JupyterLab 3.0 menawarkan fitur mengesankan seperti debugger visual, dukungan berbagai bahasa, Server Jyputer, dan banyak lagi. JupyterLab adalah antarmuka berbasis web yang populer untuk Jupyter Notebooks. JupyterLab memungkinkan pengguna untuk melakukan pekerjaan dengan dokumen seperti notebook Jupyter, editor teks, komponen kustom, antara lain secara fleksibel, terintegrasi, dan dapat diperluas. JupyterLab menawarkan banyak fitur intuitif yang memungkinkan data scientist dan developer bekerja dengan notebook, kode, dan data secara efisien. Fitur-fiturnya antara lain:

  • Konsol kode yang menyediakan scratchpads sementara untuk menjalankan kode secara interaktif.
  • Dokumen yang didukung kernel untuk mengaktifkan kode dalam file teks apa pun, termasuk Python, R, LaTeX, dll.
  • Memberikan banyak tampilan dokumen dengan berbagai editor / viewer untuk pengeditan dokumen, dan lebih banyak lagi secara real-time.

New Visual Debugger

JupyterLab 3.0 sekarang dilengkapi dengan front-end Debugger secara default. Notebook, konsol kode, dan file sekarang dapat di-debug dari JupyterLab secara langsung. Agar debugger dapat diaktifkan dan terlihat, diperlukan kernel dengan dukungan untuk debugging. Kalian bisa kunjungi link ini

Ekstensi dapat diinstal tanpa membuat JupyterLab dengan Node.js

JupyterLab dirancang sebagai lingkungan yang dapat diperluas, dan ekstensi dapat menyesuaikan atau menyempurnakan bagian apa pun dari JupyterLab. Pada versi awal, membangun kembali JupyterLab memerlukan penginstalan Node.js. JupyterLab 3.0 juga memiliki cara baru yang direkomendasikan untuk mendistribusikan dan menginstal ekstensi sebagai paket Python pip atau Conda.

Ekstensi dapat dengan mudah dipasang tanpa membangun JupyterLab dengan Node.js. Namun, metode pendistribusian ekstensi sebelumnya sebagai paket npm yang membutuhkan pembuatan ulang JupyterLab masih tersedia.. Kalian bisa kunjungi link ini

Multi-Language Support

JupyterLab sekarang akan memungkinkan pengaturan bahasa tampilan antarmuka pengguna. Untuk dapat menyediakan bahasa tampilan baru, Anda perlu menginstal paket bahasa.

Jupyter Server

Rilis ketiga dari JupyterLab telah bermigrasi dan sekarang bergantung pada Server Jupyter, proyek Jupyter baru berdasarkan bagian server dari server Notebook klasik.

Command Palette

Palet perintah sekarang dibuat menjadi jendela mengambang/floating yang muncul di atas workspace JupyterLab. Fitur ini akan memungkinkan pengguna untuk memanggil perintah dengan cepat sambil tetap menutup sidebar atau mengganti panel sidebar. Namun, palet perintah dapat dimasukkan kembali ke bilah sisi dengan menyesuaikan default di Pengaturan Lanjutan.

tunggu apalagi, kalian bisa install menggunakan pip melalui perintah  pip install jupyterlab==3

 

Leave a Reply