135 Views

Penyebab Laptop Panas dan Cara Mengatasinya – Bekerja menggunakan laptop dimasa pandemi menjadi lebih intens karena kepraktisannya dalam mengolah data. Beberapa kendala yang sering dihadapi oleh laptop yang berukuran 12.5 Inchi keatas yaitu terdapat sebuah fan/kipas kecil untuk membuang udara panas. Jika kebiasan kalian dalam menggunakan laptop diatas kasur mengingat posisi tersebut sangat pewe maka laptop akan terasa panas terutama dibagian prosesor. Cara untuk mengetahui suhu komponen laptop dapat kalian lakukan dengan menginstall aplikasi HW monitor.

Nah ada berikut beberapa Penyebab Laptop Panas dan cara mengatasinya

Debu yang menempel

Untuk laptop dengan ukuran 11.5 inchi biasanya fanless alias tidak punya laptop, namun untuk ukuran diatas 12.5 inchi akan terdapat lubang masuknya udara. Nah lubang udara inilah yang lama-lama akan kemasukan debu sehingga mengganggu kinerja lubang pembuangan udara panas. Bisa dibayangkan kan kinerja menjadi turun karena prosesor terlalu panas atau bahkan mati karena angin tidak keluar malah kembali ke ruang prosesor sehingga meningkatkan suhu panas prosesor.

Cara mudahnya kalian bisa membuka penutup belakang laptop dan membersihkannya, cara ini sangat efektif untuk menuruhkan suhu laptop karena memperlancar udara panas keluar. Alat-alat yang digunakannya cukup mudah yaitu cotton/kipas/tisu, alkohol.

cara membersihkan kipas laptop yang kotor

Pasta Prosesor yang tidak bagus

Seiring berjalannya waktu, beberapa komponen akan aus sehingga kinerjanya akan turun seperti halnya pasta pada prosesor yang akan mengering bahkan tidak menempel antar prosesor dengan heatsink. Pasta ini terbuat dari komponen pengantar panas/konduktor bukan pasta gigi ya! yaitu untuk menghantarkan permukaan panas antara prosesor dengan heatsink. Mengingat pasta ini mempunyai peran penting, maka kalian ketika membuat heatsink pastikan saja sudah membeli/memiliki pasta tersebut. Harganya cukup murah koq, untuk pasta sekali suntik cuman Rp. 5.000 saja sudah sangat cukup untuk mengolesi permukaan prosesor.

Putaran Fan/Kipas

Laptop dengan umur diatas 3-5 tahun biasanya ada beberapa komponen  mengalami penurunan kinerja alias loyo tidak terkecuali dengan kipas/fan laptop.

Cara paling mudah yaitu mengganti kipas/fans prosesor, harga dipasaran cukup murah berkisar antar 200-300 ribu saja. Selain cara diatas, hal yang perlu kalian ketahui yaitu usahakan jangan menggunakan laptop pada tempat berdebu seperti di sofa/kasur caranya adalah dengan memberikan alas terlebih dahulu agar sirkulasi udara menjadi lancar.  Bila laptop mati mendadak karena overheating maka akan berdampak pada komponen lainnya. Bila tetap masih panas karena laptop tersebut digunakan untuk melakukan rendering video/pengolah data yang sangat banyak, gunakan saja alas yang ada kipasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 + 3 =