108 Views

Alexa adalah sistem analisis data yang mengumpulkan data lalu lintas web komersial melalui sekumpulan ekstensi web dan bilah alat. Ini sebenarnya sudah ada sejak tahun 1996, dan menjadi bagian dari Amazon pada tahun 1999. Hal yang paling menarik dari layanan ini adalah sistem peringkat yang disediakannya, yang mengukur bagaimana kinerja situs web kita dibandingkan dengan semua situs web lainnya.

Dalam artikel ini, kita akan mengetahui ‘Alexa Rank’ dan cara menentukannya. Kita juga akan melihat bagaimana kita dapat meningkatkan Alexa Rank situs web WordPress. Ayo mulai!

Apa itu Alexa Rank?

Hanya untuk memperjelas, Alexa Rank adalah sistem yang mengumpulkan data internet global dan menentukan situs web mana yang mendapat lalu lintas terbanyak.

Seperti di golf, semakin rendah peringkat Alexa kalian, semakin baik. Situs web dengan peringkat nomor satu oleh Alexa diidentifikasi sebagai yang paling populer secara bergulir. Kalian dapat menguji beberapa metrik Alexa dengan menempelkan URL ke alat informasi situs online situs. Untuk lebih memahami angka-angka ini, mari kita lihat lebih dekat bagaimana peringkat ditentukan dan apa artinya bagi situs WordPress.

Bagaimana Alexa Rank kita ditentukan?

Peringkat itu sendiri dibuat dengan menggabungkan taksiran pengunjung unik harian rata-rata situs web dan tampilan laman hariannya selama jangka waktu tiga bulan. Situs web dengan total tertinggi berada di peringkat nomor satu untuk jangka waktu tersebut.

Data dikumpulkan dari pengguna internet melalui berbagai ekstensi browser, sehingga peringkatnya mewakili sampel dari semua pengguna internet. Namun, penting untuk diperhatikan bagaimana tampilan halaman dihitung. Alexa hanya menghitung tampilan di domain. Artinya, jika seseorang melihat subhalaman domain Anda, itu tidak dihitung.

Hal lain yang disarankan situs Alexa untuk diperhatikan adalah bahwa kebermaknaan peringkat berada pada skala kecil. Apakah situs kalian jatuh di bawah 100.000 atau di atas 100.000 adalah titik awal yang baik untuk menentukan seberapa besar bobot yang akan diberikan pada peringkat saat ini.  Sehingga semakin dekat peringkat website ke angka 1, semakin bermakna dan akurat. Selain itu, tim Alexa mengakui bahwa semakin sedikit lalu lintas yang didapat situs web kalian, semakin sulit bagi proses mereka untuk menghitung secara akurat apa yang diperlukan untuk peringkat.

Cara meningkatkan Alexa Rank Situs WordPress

Meningkatkan Alexa Rank situs WordPress mungkin tampak agak rumit, karena cara penghitungannya. Namun, mengikuti taktik Search Engine Optimization (SEO) yang telah dicoba adalah salah satu cara untuk meningkatkan peringkat situs kita. Mari kita lihat bagaimana kita dapat menerapkan ini secara khusus ke situs web kalian.

1. Buat Konten yang Baik dan Relevan

Ini mungkin tampak seperti klise akan tetapi Alexa merekomendasikan agar kita memperhatikan kualitas konten. Dengan demikian, semakin banyak pembaca kalian menemukan konten kita dapat dipercaya dan menarik, semakin besar kemungkinan mereka membagikan konten dengan orang lain.

Meskipun menulis konten yang ‘baik’ mungkin tampak seperti proses subjektif, ada beberapa alat yang dapat kita gunakan untuk mengukur kualitas konten kita. Dengan menggunakan tools Google performance  adalah salah satu cara untuk memastikan konten lebih mungkin mendapatkan Alexa Rank yang lebih baik.

Selain itu, ada banyak plugin yang tersedia untuk WordPress yang dirancang untuk meningkatkan potensi konten situs web kita. Salah satu contohnya adalah Yoast SEO:

Yoast adalah plugin yang menghadirkan fitur SEO langsung ke proses pasca-pengeditan . Hasil score YOAST akan langsung tampil ketika kita selesai membuat postingan, hal ini dapat membantu kita untuk menyempurnakan konten dalam hal keterbacaan dan pengoptimalan kata kunci

2. Memiliki Tautan Internal yang Solid

Membangun kepercayaan dan otoritas situs web Anda – dua faktor besar dalam algoritme Google – juga dapat memengaruhi peringkat Alexa. Ini karena semakin umum website kita berada di hasil penelusuran Google, semakin besar kemungkinan pengguna web mengklik konten kita.

Salah satu cara untuk meningkatkan skenario ini adalah dengan mencapai keseimbangan yang tepat dengan menautkan konten kalian. Tautan internal bisa sama pentingnya dengan tautan balik untuk situs web kita, karena keduanya menunjukkan hubungan dan relevansi antara halaman yang berbeda.

Namun, menggunakan tautan secara berlebihan bisa sama berbahayanya. Ketika kita melebih-lebihkan konten dengan tautan.

3. Alexa Rank Bersertifikat

Menyertifikasi Alexa Rank adalah cara lain untuk tidak hanya memastikan peningkatan peringkat yang berkelanjutan tetapi juga memberikan data yang lebih akurat untuk penghitungan Alexa. Namun, pendekatan ini membutuhkan investasi cukup besar

Alexa menawarkan paket untuk berbagai alat pemasaran dan SEO, tetapi kita juga dapat membeli Alexa Rank Tersertifikasi sebagai opsi. Harga didasarkan pada perkiraan lalu lintas situs bulanan kita dan mulai dari $ 19,99 sebulan. Cara kerjanya mirip dengan menempatkan kode pelacakan Google Analytics di situs web. Kalian akan menerima cuplikan kode kustom dari Alexa untuk disertakan di semua halaman situs.

Setelah kita memasang kode, Alexa akan dapat memindai laman web secara akurat dan memastikan semua lalu lintas situs dihitung. Setelah Alexa merasa cukup, hasil metrik akan disertifikasi dan dapat memutuskan elemen apa dari data Alexa Rank kalian yang mungkin ingin kita publikasikan. Kita juga dapat mencoba opsi Peringkat Alexa Tersertifikasi gratis selama tujuh hari jika kita tidak yakin apakah itu pendekatan yang tepat untuk situs web kita.

4. Lacak Pesaing Kita

Bukan rahasia lagi bahwa memahami pesaing membantu untuk meningkatkan SEO. Ada sejumlah alat yang tersedia, termasuk misalkan https://try.alexa.com/marketing-stack, yang dapat membantu kita mengawasi konten yang bersaing. Pilihan lainnya adalah aplikasi Ahref. 

Ahref menawarkan cara komprehensif untuk melacak konten apa yang berperingkat baik untuk kata kunci tertentu dan mengapa. Kita dapat menggunakan data ini untuk meningkatkan konten kita sendiri sebagai bagian dari strategi untuk meningkatkan peringkat secara keseluruhan.

5. Promosikan Alexa Toolbar

Meskipun Alexa menggunakan informasi dari lebih dari 25.000 ekstensi browser yang berbeda untuk menghitung peringkat, mereka terutama menghitung pengguna Alexa Toolbar:

Intinya, semakin banyak orang menggunakan toolbar, Alexa Rank menjadi lebih akurat dan bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

9 × = 63