103 Views

Image Processing di Android – Saat ini perkembangan mobile device sangatlah pesat, banyak aplikasi yang dituntut untuk bisa berjalan di device portable. Namun untuk urusan ini, pengalaman penulis setidaknya kalian bisa menggunakan cara berikut

  1. menggunakan arduino UNO
  2. menggunakan Raspberry Pi atau
  3. android

OpenCV tetap merupakan pilihan terbaik sebagai core engine sebagai dapur pacu urusan image processing, lha ada ribuan function yang siap kalian gunakan! tanpa pusing-pusing bikin dari awal!

Menggunakan Arduino UNO

Untuk urusan yang ini, setidaknya kalian harus paham betul bahasa C/C++, ringan cepat dan luas digunakan untuk kontrol di mesin-mesin pabrik. Tapi tenang saja Opencv masih bisa koq digunakan karena emang core engine dibuat menggunakan C/C++, namun kalian harus cari-cari library yang bagus untuk mengolah data array nya. Tapi jangan senang dulu, karena arduino hanya untuk mendapatkan sebuah gambar / video kemudian ditransfer ke PC. Karena emang tidak mungkin menggunakan arduino dengan keterbatasan prosesor digunakan untuk mengolah image processing. https://www.quora.com/What-can-I-do-with-an-Arduino-and-OpenCV.

Jadi jelas disini, arduino uno digunakan sebagai umpan kemudian dilakukan perhitungan menggunakan server

Menggunakan Raspberry Pi

Ini pilihan apik sekali, kalau kalian masih ingin buat device portable karena pilihannya jadi banyak, kalian bisa menggunakan beragam bahasa seperti C/C++ atau python bahkan java. Python sudah sangat jelas kalian akan dimanjakan dengan Numpy sebagai pengolah arraynya serta dukungan opencv-python untuk versi OpenCV nya, sudah saya bahas disini. Kalau toh menggunakan Java kalian cukup gunakan JNI sebagai interface nya, ini sudah saya bahas disini. Namun untuk urusan portable masih kalah jauh kalau pakai ponsel berbasis android!

Menggunakan Android

Ini pilihan jitu, karena kalian nggak repot-repot bawa USB buat nyolok sebagai power supply karena menggunakan ponsel adalah pilihan jenius daripada menggunakan raspberry pi. Namun saya sangat sarankan untuk kalian yang develop wajib menggunakan bahasa java sebagai core engine nya! jangan menggunakan dart/flutter atau kotlin.

Pengalaman penulis ketika membuat aplikasi yang melibatkan image processing membutuhkan algoritma yang cukup rumit, kan nggak mungkin kalian coba debug di android! maka menggunakan java desktop untuk developnya. Hanya dengan sedikit otak-atik kode, maka kode java bisa digunakan di android. Ini pilihan yang sangat menguntungkan bukan? Oiya untuk install opencv di android, bisa kalian baca disini atau disini untuk versi android terbaru

Bahkan kalian bisa menggunakan tensorflow lite lho! Contoh aplikasi java yang digunakan untuk android.

Kesimpulan

Jadi pilihan terbaik Image Processing di portable device tetap ditangan kalian! hee hee, karena kalian yang mengerti akan kebutuhan stakeholder. Tulisan diatas hanya sekedar berbagai kisah saja berdasarkan pengalaman penulis dan tim untuk urusan image processing dan machine learning.

 

Leave a Reply