Editor Teks Ringan untuk semua bahasa

By | July 4, 2021
Print Friendly, PDF & Email
1,025 Views

Editor Teks Ringan untuk semua bahasa – biasanya menggunakan notepad++; sublime, atom atau visual studio. Kegunaan editor yang support multibahasa sangat dibutuhkan mengingat saat ini banyak sekali berkembang bahasa pemrograman baru.

Beberapa fitur standar yang harus dimiliki oleh editor seperti format bahasa, fold-unfold untuk function-class, file explorer, line breaking, replace – find dengan meta karakater. Oiya khusus untuk bahasa python karena tidak menggunakan braket tapi tab, maka ada sedikit kendala bila kita menggunakan notepad++ walaupun sudah ditambahkan plugin python hasil save file tersebut ketika dibuka kembali menggunakan IDE bawaan python akan terdeteksi kesalahan indentation.

Ada aplikasi bernama geany yang sangat bagus untuk menggantikan Notepad++

Geany is a powerful, stable and lightweight programmer’s text editor that provides tons of useful features without bogging down your workflow. It runs on Linux, Windows and MacOS is translated into over 40 languages, and has built-in support for more than 50 programming languages.

Bisa kalian peroleh disini – https://www.geany.org/ – bisa berjalan di windows maupun linux

Fitur yang sering digunakan dalam Notepad++ seperti Split Windows pun sudah ada,

Install di Linux

Bagi kalian yang menggunakan linux, tenang saja, bisa koq install, caranya mudah sekali https://www.geany.org/download/third-party/, seperti biasa menggunakan apt-get install geany

See also  Install Team Viewer untuk remote komputer

Leave a Reply