90 Views

Modem Murah Berkualitas –  menjadi hal kebutuhan yang perlu kalian gunakan ketika membeli komputer PC yang belum/tidak dilengkapi secara built in di motherboard ataupun menginginkan modem tambahan untuk menangkap sinyal modem dari tetangga sebelah.

Modem

Merupakan kepanjangan dari 2 cara kerjanya yaitu Modulator-Demodulator. Modulator adalah rangkaian yang berfungsi untuk melakukan proses modulasi atau menumpangkan data pada frekuensi atau gelombang pembawa ke sinyal informasi supaya bisa dikirimkan ke penerima. Sedangkan demodulator adalah proses mendapatkan kembali data dari sinyal yang diterima dari pengirim.

Fungsi modem akan mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog, dan sebaliknya terlebih dahulu ketika proses pengiriman data. Proses pengubahan sinyal digital ke analog, dan sebaliknya, dinamakan modulasi dan demodulasi. Jadi, untuk bisa tersambung ke internet, modem melakukan pengubahan sinyal pada komputer.

Modem juga berfungsi untuk melakukan komunikasi dan pemeriksaan paket data. Inilah yang kemudian membuat penggunanya bisa mengakses internet. Di dalam proses komunikasi yang dijembatani oleh modem, perangkat ini juga meng-compress data yang dikirim melalui sinyal. Jenis modem pun bermacam-macam.

  1. Modem Kabel: modem yang dapat menerima langsung data dari penyedia layanan lewat TV kabel
  2. Modem ISDN: Integrated Services Digital Network (ISDN) merupakan cara komunikasi yang memiliki layanan data, suara, dan gambar yang terintegrasi dengan jaringan yang lebih luas untuk konektivitas yang mencakup ruang lingkup lebih besar. Penggunaan modem ISDN lebih hemat biaya karena sistem integrasinya sifatnya terpisah.
  3. Modem ADSL: Asymetric Digital Subscribe Line (ADSL) memungkinkan mengakses internet dan menggunakan telepon analog secara bersamaan. Modem ADSL dilengkapi dengan splitter yang menghilangkan gangguan saat pemakaian modem. Splitter inilah yang memungkinkan pengguna mengakses internet dan menggunakan telepon dalam waktu yang sama.
  4. Model Analog: merupakan modem yang mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital.
  5. Modem GSM: modem yang menggunakan telepon seluler sebagai sistem transfer data. Modem ini dapat digunakan untuk seluruh kartu koneksi asalkan provider-nya bersifat GSM.
  6. Modem CDMA:Modem CDMA yakni modem yang menggunakan frekuensi EVDO REV-A yang setara dengan 3G. Yang terbaru sudah ada EVDO REV-B dengan kecepatan jaringan yang lebih tinggi.

Bentuk Sinyal Wifi

Nah untuk menangkap sinyal yang dipancarkan dari internet wifi seperti indihome akan lebih sulit bila terjadi halangan seperti tembok. Walaupun bentuk sinyal wifi bersifat menyebar. Seperti terlihat pada foto dibawah ini

Peneliti dari Newcastle University yang berhasil mengembangkan proyek memperlihatkan penampakan sinyal Wifi menggunakan teknik fotografi. Proyek yang dinamakan Touch Research Project ini, memakai sensor pintar dan kamera untuk menangkap sinyal Wifi. Mereka menggunakan teknik fotografi Long Exposure dengan sensor RSSI buat melihat gimana bentuk dari sinyal Wi-Fi.

Kita lihat citra berikut: Nickolay Lamm dan M. Browning Vogel, mantan peneliti Astrobiologis NASA yang pada tahun 2013 melakukan penelitian terhadap pergerakan gelombang di sekitar gedung parlemen Amerika di Washington DC. Menggunakan jaringan frekuensi antara gelombang radio dan gelombang mikro, didapatlah penampakan indah dari gelombang WiFi seperti gambar-gambar berikut ini!

Pilihan Modem

Setelah kalian lihat bentuk sinyal wifi yang menyebar ke segala arah dan semakin jauh dari pusat pemancar wifi, maka sinyalnya akan lemah, nah kalau kalian ingin membeli modem untuk menangkap sinyal wifi agak jauh setidaknya modem tersebut mempunya antena tambahan. Pengalaman saya membandingkan antara sinyal yang diterima oleh laptop, ponsel dengan 1 bar saja tapi ketika menggunakan modem yang dilengkapi dengan antena khusus maka PC tersebut mendapatkan sinyal sebanyak 4 bar.

Berikut ketika Modem tersebut dipasang di Laptop, maka ada 2 wifi, kita bisa pakai modem tersebut. Kalian bisa lihat ada 3 bar (terkadang 4 bar)

Berikut ketika menggunakan modem bawaan laptop yang menangkap sinyal lemah hanya bisa 2 bar saja itupun kadang putus nyambung

Modem yang saya gunakan yaitu Prolink PAN2001 Wireless – N High- Power USB Adapater, harganya cukup murah yaitu 200ribu saja. Ada 2 pilihan yaitu kalian bisa colokan langsung ataupun USB docking menggunakan kabel USB untuk mempermudah bila kalian ingin menempatkan modem tersebut dilokasi agak jauh dari PC.

Bila kalian menggunakan Laptop pun bisa gunakan! ntar ada 2 wifi, kalian tinggal pilih wifi ke 2 sebagai modem di laptop! Bahkan ada fitur mobile hotspot bila kalian menggunakan Windows 10 yang bisa kalian gunakan sebagai wifi tersendiri. Sehingga menempatkan PC/laptop kalian sebagai wifi

 

 

ref:

https://www.lazone.id/lifestyle/gadget/ternyata-begini-bentuk-sinyal-wifi-kalo-dilihat-secara-kasat-mata

https://www.idntimes.com/science/experiment/indra/seindah-pelangi-inilah-bentuk-dari-sinyal-wifi-sebenarnya/4

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

+ 34 = 35