Watermarking KTP

By | October 25, 2021
Print Friendly, PDF & Email
485 Views

Kebocoran KTP sering terjadi pada beberapa situs bahkan institusi Pemerintah pun kena sasaran empuk. Kita hanya pasrah saja kalau data server bocor itu diluar kontrol kita. Banyak sekali kasus kebocoran data, seperti di BPJS. Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan hendak digugat lewat Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) terkait dugaan kebocoran data milik 279 juta penduduk di Indonesia yang terungkap pada Mei lalu. ref: https://tekno.kompas.com/read/2021/06/11/13040057/kasus-kebocoran-data-279-juta-wni-bpjs-kesehatan-akan-digugat-lewat-ptun

Kebocoran data dapat berakibat penyalah gunaan seperti untuk membobol nomor ponsel. Caranya, berpura-pura menjadi korban dan mengganti simcard ke penyedia layanan telekomunikasi. Hal ini pernah menimpa seseorang. https://news.detik.com/berita/d-3225731/2-pencuri-ini-bikin-ktp-palsu-buat-sim-card-lalu-bobol-rekening-m-banking atau malah digunakan untuk melakukan pinjaman online dengan data dan alamat pemilik KTP yang bocor. Setelah uangnya diterima pemalsu KTP, cicilan akan ditagihkan kepada pemilik data yang bocor. Ini yang bikin bahaya juga.

Watermarking

Watermarking biasa disebut dengan tanda air merupakan langkah untuk menambahkan informasi bisa berupa teks, gambar pada suatu objek sebagai identitas objek tersebut. Watermarking bisa kita temui di lembaran mata uang asli yang bila diterawang akan muncul gambar. Berbeda dengan steganografi yang menyembunyikan pesan pada suatu objek agar tidak bisa dibaca dan diketahui seseorang, maka untuk watermarking harus nampak dengan cara mengubah nilai opaque atau transparan nya. Aplikasi watermarking seperti di blog menambahkan identitas asli pemilik gambar tersebut untuk mengurangi copy paste oleh seseorang yang ini menampilkan content tersebut di blog miliknya.

Watermarking KTP

Agar kita tahu KTP bocor darimana, perlunya kita membuat watermarking. Misalkan KTP kita gunakan untuk menggunakan jasa rental, maka alangkah baiknya kita kasih watermarking identitas rental tersebut.

Misalkan juga kita sedang pinjam uang di Pinjol ya kita kasih saja watermarking nama pinjolnya sehingga data kita kalau bocor, maka orang pun tahu darimana asal kebocoran data tersebut.

Silahkan untuk kalian yang menggunakan PC, bisa download aplikasi yang saya buat untuk watermarking berbasis teks, ukurannya kecil hanya 108 KB saja dan tidak perlu diinstal.

Download Watermarking

Aplikasi tersebut menggunakan bahasa C# berbasis net framework, ntar kalau ada waktu akan dibuat versi android

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :