Uji Normalitas Populasi dengan Quantile-Quantile Plot (Q-Q Plot)

By | December 1, 2021
Print Friendly, PDF & Email
2,236 Views

Uji Normalitas Populasi dengan Quantile-Quantile Plot (Q-Q Plot)  – Uji normalitas populasi telah kita bahas sebelumnya yaitu Cara Hitung Manual Uji Normalitas dengan Uji Kolmogorov-Smirnov dan Uji Normalitas Populasi dengan Uji Jarque-Bera Nah kita sekarang akan bahas Uji Normalitas Populasi dengan Quantile-Quantile Plot (Q-Q Plot)  menggunakan dataset yang sama berbasis visual.

Berbeda dengan 2 uji sebelumnya yang menggunakan angka untuk membandingkan nilainya, maka dengan Uji Normalitas Populasi dengan Quantile-Quantile Plot (Q-Q Plot) dilihat dari sebaran plot/titiknya. Untuk menguji asumsi normalitas juga dapat digunakan pendekatan analisis grafik, yakni Q-Q (quantile-quantile) plot. Pada pendekatan Q-Q plot, jika titik-titik (dots) menyebar jauh (menyebar berliku-liku pada garis diagonal seperti ular) dari garis diagonal, maka diindikasi asumsi normalitas tidak dipenuhi. Jika titik-titik menyebar sangat dekat pada garis diagonal, maka asumsi normalitas dipenuhi.

Kita akan menggunakan dataset diatas, berikut kode R/RStudio yang digunakan

library(readxl)
library(dplyr)

dat = readxl::read_xlsx("data kuliah.xlsx")

qqnorm(dat$Nilai)
qqline(dat$Nilai)

Hasilnya

Berdasarkan gambar diatas, diperoleh titik-titik (dots) menyebar cukup dekat dari garis diagonal, maka maka asumsi normalitas dipenuhi.

Demikian pembahasan mengenai Uji Normalitas Populasi dengan Quantile-Quantile Plot (Q-Q Plot)

Uji Normalitas yang lain

 

ref: Belajar Statistika dengan R Prana Ugiana Gio, Dasapta Erwin Irawan, 2016

See also  Uji Kesamaan Varians Populasi dengan Uji Levene

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :