Enhancement Histogram Equalization pada True Color

Print Friendly, PDF & Email

Sinopsis

Enhancement Histogram Equalization untuk Format True Color. Selama ini kalian pasti sudah mengenal penggunaan histogram equalization/perataaan nilai histogram  yang telah diterapkan untuk format gambar grayscale, nah sebenarnya untuk penerapan histeq pada format true color bisa koq digunakan, dengan cara men set dulu channel nya sehingga tiap-tiap channel diproses secara terpisah tapi ini khusus untuk Matlab versi 2009a, untuk versi Matlab 2018a sudah bisa dilakukan secara langsung, tapi sayangnya menghasilkan hasil yang berbeda.

Operasi Enhancement Histogram Equalization untuk Format True Color sangat mudah dilakukan yaitu hanya dengan menggunakan 1 perintah saja yaitu
 histeq()

Histogram Equalization

Untuk metode yang pertama menggunakan teknik looping perchannel, sedangkan cara kedua langsung menggunakan histeq tanpa ada proses looping. Kalian bisa pelajari kode dibawah ini
clc;clear all;close all;
I = imread('D:/panoramic.jpg');
%untuk versi R2009
for i = 1:3
    I2(:,:,i) = histeq(I(:,:,i),256);
end

%untuk versi R2018a, langsung gunakan saja
I3 = histeq(I,256);

gabung = [I,I2,I3];

figure
imshow(gabung),title('Original - Cara 1 - Cara 2');

Berikut hasil Pengolahan Citra Digital dengan Matlab – Enhancement Histogram Equalization untuk Format True Color yang bisa kalian lihat dengan jelas perbedaaanya.

Bagaimana menurut kalian Pengolahan Citra Digital dengan Matlab – Enhancement Histogram Equalization untuk Format True Color?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *