Alasan sebaiknya belajar Python

By | October 23, 2021
186 Views

Python adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi yang digunakan untuk rekayasa perangkat lunak tujuan umum. Banyak digunakan untuk bahasa sisi server – yang berarti berjalan di server, dan bertanggung jawab untuk memproses logika di balik input pengguna, berinteraksi dengan database dan server lain, dll seperti google, dropbox, dan youtube menggunakan python sebagai core servernya.

Sinopsis

Awalnya dikembangkan pada akhir 1980-an oleh Guido Van Rossum, Python telah ada selama beberapa dekade bersama bahasa sisi server lain seperti Java dan C. Perkembangan Python saat ini semakin naik daun karena sebagai bahasa utama dalam deep machine learning seperti tensorflow, pytorch. Python adalah bahasa open-source serta memiliki komunitas yang kuat seputar pembelajaran mesin, pemodelan data, analisis data, dan kecerdasan buatan (AI), dengan sumber daya dan pustaka ekstensif yang dibuat untuk tujuan ini.

Adapun saat ini ada 2 versi Python yaitu 2 dan 3 keduaanya cukup berbeda sehingga kalian sedari awal harus memilih mau menggunakan versi yang mana. Kalian bisa menggunakan seperti layaknya scripting languange ataupun menggunakan konsep object oriented programming. Yuk belajar Python akan sedikit mengulas Alasan sebaiknya belajar Python

Python sangat serbaguna, dengan banyak kegunaan

Ada cerita menarik ketika saya masih awal-awal mengenal Python yang menurut saya cukup aneh dengan banyak library yang ditulis menggunakan Python/wraping seperti OpenCV, maka saya pun mau tidak mau belajar Python. Sampai saat terasa manfaatnya apalagi dari sebelumnya pernah belajar OOP di java/C++/C# maka belajar OOP di Python sangat simple sekali.

Python digunakan dalam Penambangan Data, Ilmu Data, AI, Pembelajaran Mesin, Pengembangan Web, Kerangka Kerja Web, Sistem Tertanam, aplikasi Desain Grafis, Permainan, Pengembangan jaringan, Pengembangan produk, Pengembangan Aplikasi Cepat , Pengujian, Automation Scripting

See also  Clustering Color

Python digunakan sebagai alternatif yang lebih mudah dan lebih efisien-ditulis untuk bahasa yang melakukan fungsi serupa seperti C, R, dan Java. Oleh karena itu Python semakin populer sebagai bahasa utama untuk banyak aplikasi.

Saya sering menggunakan Python untuk kegiatan daily di kantor seperti menulis script buat backup data, scraping web bahkan sedikit usil untuk melakukan bruteforce sebuah situs menggunakan library mechanize. Bahkan untuk mengolah data yang besar serta data minning, saya sangat mengandalkan Python selain R

Python digunakan untuk Data Science dan Machine Learning

Secara historis, bahasa pemrograman R paling umum digunakan untuk data science. Karena kode Python dianggap lebih mudah dipelihara dan lebih skalabel daripada R, Python telah meningkat popularitasnya untuk ilmu data – terutama di kalangan profesional tanpa pendidikan lanjutan di bidang statistik atau matematika. Mengapa demikian! karena didalam Python terdapat konsep OOP dalam membuat kode serta biaya perawatan kode menjadi lebih mudah.

Dalam beberapa tahun terakhir, banyak paket telah dikembangkan untuk analisis data dan pembelajaran mesin menggunakan Python. Ini termasuk numpy dan panda, yang memungkinkan pengguna untuk memahami dan mengubah data; tensorflow, yang digunakan untuk membuat kode algoritma pembelajaran mesin; dan pyspark, API untuk bekerja dengan Spark – kerangka kerja untuk bekerja dengan mudah dengan kumpulan data besar. Kalian bisa melihat beberapa package dikembangkan di Python yang sering digunakan oleh para pengembang hal ini menjadi salah satu alasan sebaiknya belajar Python

Growing Interest in Python Machine Learning Technologies

sumber: stackoverflow

Python digunakan industri

Yup tidak salah dengar, python sudah banyak discale up dibanyak industri dari banyak bidang, kalian bisa melihat grafik berikut

Python Stack Overflow Queries by Industry

Sumber: stackoverflow

See also  Menjadikan Python lebih cepat

Python adalah bahasa pemrograman yang paling cepat berkembang

Mengingat penggunaan Python di banyak industri dan aplikasi – dan penggunaan eksplosif baru-baru ini dalam ilmu data, pembelajaran mesin, dan AI, Python berada pada lintasan pertumbuhan utama.

Stackoverflow.com menunjukkan Python sebagai bahasa pemrograman utama yang paling cepat berkembang, dengan menganalisis jumlah pengunjung vs. pertanyaan tentang topik tertentu.

Growth of Python Queries in Stack Overflow

Sumber: stackoverflow

Python sangat diminati oleh industri

Yup dengan beragam kegunaan python maka kebutuhan programmer python sangat tinggi. Berdasarkan jumlah posting pekerjaan di salah satu platform pencarian pekerjaan terbesar, LinkedIn.com, Python menempati peringkat #2 dalam bahasa pemrograman paling banyak diminati tahun 2020.

 

Open source packages

Python menawarkan ekosistem paket yang kaya yang disimpan dalam The Python Package Index (PyPI). Dengan Python, pengguna dapat membuat modul untuk pustaka PyPi yang terus berkembang. Pengguna dapat menemukan alat untuk membantu mereka dengan proyek mulai dari AI hingga pengembangan web dan banyak lagi.

Gimana menurut kalian, mengenai Alasan sebaiknya belajar Python? Berikut kesimpulan mengenai Python

Pencipta Python, Mr. Van Rossum mengatakan bahwa, “Python telah menjadi bahasa pilihan bagi para peneliti AI, yang telah menghasilkan banyak paket untuk itu.” Paket Python populer termasuk astrophy, numpy, pandas, scipy, statsmodels, Django dan banyak lagi.

Penggunaan kembali dan mendaur ulang, dan meningkatkan kode pemrogram lain sangat penting untuk menjadi pemrogram yang sukses, itulah sebabnya komunitas pemrograman Python yang kuat membantu menjadikannya bahasa pemrograman yang solid untuk dipelajari.

ref Kalian bisa baca artikel dibawah ini untuk mengetahui lebih jauh alasan sebaiknya belajar Python

See also  Alasan mengapa Linux lebih baik untuk Programmer

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :