Data Scientist, Analyst, dan Engineer

By | October 23, 2021
Print Friendly, PDF & Email
390 Views

— Data Scientist, Analyst, dan Engineer merupakan job desc yang berbeda. Bahkan di blog ini sering menggunakan kata data science. Yuk kenali perbedaan Data Scientist (DS), Data Analyst (DA), dan Data Engineer (DE).  Hal yang perlu kamu tahu terlebih dahulu data science itu berbeda dengan data scientist, Data science merupakan ilmu yang mempelajari tentang data, sedangkan data scientist adalah profesi dibidang data, dimana profesi tersebut (DS / DA / DE) akan mengimplementasikan ilmu data science untuk melakukan pekerjaannya dengan kegiatan masing-masing sebagai berikut

  1. Data Scientist  yaitu menganalisis dan menafsirkan kumpulan data yang kompleks. Mulai dari pengumpulan, mengolah, dan menganalisis data dalam jumlah besar. Data Scientist adalah orang yang bertugas mengolah data dari Data Engineer dan melihat apakah ada peluang bisnis baru dari data yang dikumpulkan.
  2. Data Analyst bekerja mengolah data, mengambil kesimpulan, dan melakukan visualisasinya. Profesi Data Analyst mengharuskan untuk berhadapan langsung dengan banyak data. Tugas seorang Data Analyst adalah mencari insight untuk memajukan bisnis dari berbagai aspek, lalu kemudian diberikan pada data engineer.
  3. Data Engineer  bertugas untuk mengembangkan dan membuat desain arsitektur manajemen data, serta memelihara/memonitor infrastruktur data di perusahaan. Profesi ini akan mengelola jalur data untuk perusahaan yang menangani data dalam jumlah besar. Data Engineer juga harus memastikan bahwa data bisa dikumpulkan dan diambil secara efisien dari sumber ketika dibutuhkan, dibersihkan dan diproses.

Ketiga profesi diatas akan membutuhkan tools untuk melakukan tugasnya. Ada banyak tools yang digunakan salah satunya paling umum digunakan seperti excel. Pivot excel untuk mempermudah pekerjaan ketiga profesi diatas berupa aggregasi data. Beberapa tools / bahasa yang lebih advance dan cocok bagi kalangan awam tanpa perlu ribet dengan strong type berupa functional programming yaitu RStudio/R, Python/Spyder, Matlab/Octave. Kalian bisa belajar melalui blog ini.

See also  Apa itu Gradient Descent-Machine Learning?

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :