Steganografi Gambar dan Teks

By | November 5, 2021
Print Friendly, PDF & Email
252 Views

Steganografi Gambar dan Teks –  Steganografi berasal dari 2 kata bahasa yunani yaitu Stegano yang berarti “tersembunyi atau menyembunyikan” dan graphy yang berarti “Tulisan. Lebih lengkap pengertian steganografi yaitu sebuah ilmu, teknik atau seni menyembunyikan sebuah pesan rahasia dengan suatu cara sehingga pesan tersebut hanya akan diketahui oleh si pengirim dan si penerima pesan rahasia tersebut.

Steganografi banyak digunakan terutama didunia telik sandi sebagai penyampai pesan agar pihak intruder/lawan tidak mengetahui. Dalam dunia digital perkembangan steganofgrafi biasanya diaplikasikan kedalam image/sound atau bahkan didalam file binary. Beberapa teknik steganografi ada yang rumit sampai yang paling mudah. Berikut jenis-jenis Teknik Steganografi

  1. Injection: Merupakan teknik menanamkan pesan rahasia secara langsung terhadap suatu media, kekurangan dari teknik ini adalah media yang diinjeksi akan menjadi lebih besar dari ukuran normalnya sehingga mudah terdeteksi. Teknik ini juga disebut embedding.
  2. Substitution:Teknik ini mengubah data normal menjadi data rahasia, hasil dari teknik ini biasanya tidak akan terlalu mengubah ukuran data asli tetapi tergantung pada data yang akan disembunyikan. Teknik ini akan menurunkan kualitas media yang ditumpangi.
  3. Transformasi Domain:Teknik ini sangat efektif. Pada dasarnya, transformasi domain menyembunyikan data pada transform space. Biasa digunakan pada pengolahan sinyal ataupun gambar yang diubah kedalam domain sinyal
  4. Spread Spectrum: merupakan teknik pentransmisian menggunakan pseudo-noise code, yang independen terhadap data informasi sebagai modulator bentuk gelombang untuk menyebarkan energi sinyal dalam sebuah jalur komunikasi (bandwith) yang lebih besar daripada sinyal jalur komunikasi informasi. Oleh penerima, sinyal dikumpulkan kembali menggunakan replika pseudo-noise code tersinkronisasi.
  5. Statistical Method: Teknik ini disebut juga skema steganographic 1 bit. Skema tersebut menanamkan satu bit informasi pada media tumpangan dan mengubah statistik walaupun hanya 1 bit. Perubahan statistik ditunjukkan dengan indikasi 1 dan jika tidak ada perubahan, terlihat indikasi 0. Sistem ini bekerja berdasarkan kemampuan penerima dalam membedakan antara informasi yang dimodifikasi dan yang belum.
  6. Distortion: Teknik ini menciptakan perubahan atas benda yang ditumpangi oleh data rahasia.
  7. Cover Generation:Tenik ini lebih unik daripada metode lainnya karena cover objek dipilih untuk menyembunyikan pesan.

Steganografi dengan metode LSB – least significant bit

LSB dikenal sebagai metode untuk steganografi yang diterapkan untuk menyembunyikan pesan juga bisa menyembunyikan sebuah file kedalam sebuah gambar yaitu dengan membaca data file tersebut kedalam sebuah byte (256) yang kemudian disisipkan kedalam pixel gambar lossy.

Cara kerja LSB

Cara kerja LBS sangat mudah koq,berikut langkah-langkahnya

  1. ubahlah teks/string/angka menjadi format 8 bit
  2. ambil bit terakhir sebagai flag

Berikut contoh konversi dari integer ke binary 8 bit

Angka : 0
Nilai 8 bit : 
0 0 0 0 0 0 0 0 
Bit akhir 0
Angka : 1
Nilai 8 bit : 
0 0 0 0 0 0 0 1 
Bit akhir 1
Angka : 2
Nilai 8 bit : 
0 0 0 0 0 0 1 0 
Bit akhir 0
Angka : 3
Nilai 8 bit : 
0 0 0 0 0 0 1 1 
Bit akhir 1
Angka : 4
Nilai 8 bit : 
0 0 0 0 0 1 0 0 
Bit akhir 0
Angka : 5
Nilai 8 bit : 
0 0 0 0 0 1 0 1 
Bit akhir 1

jadi bila ada pesan/teks yang akan disembunyikan, maka diubah terlebih dahulu ke dalam angka, misalkan a=0, b=1, c=2; dan seterusnya. Yuk kita coba kata “aku” ada 3  karakter akan diubah kedalam integer menjadi  0 10 20 jadi akan ada 8 bit * 3 karakter = 24 yang diubah.

Misalkan media sisip yang digunakan adalah gambar, maka butuh minimal 24 pixel sehingga setiap kali akan memasukan teks kedalam gambar, maka perlu dicek dimensi tinggi x lebar gambar terlebih dahulu. Suatu gambar dengan tinggi x lebar sebesar 480*640 = 307.200 : 8 bit = 38.400 karakter huruf yang disisipkan.

Proses Penyisipan

Setelah didapatkan teks yang akan disisipkan telah diubah menjadi integer, maka akan diubah lagi menjadi 8 bit seperti berikut

 

Yuk kita coba dengan huruf k dengan 8 bit 0 0 0 0 1 0 1 0 maka kita akan modifikasi 8 pixel, misalkan kita punya 8 pixel dengan nilai sebagai berikut (dibuat urut agar mudah saja)

nilai pixel (kolom paling kanan) itulah yang telah diubah LSB nya.

Pembuatan Aplikasi berbasis GUI

Pada tulisan diatas kita sudah belajar cara kerja steganografi LSB yaitu dengan menyembunyikan teks kedalam sebuah gambar, pada prakteknya kalian akan menjumpai beberapa hal teknis seperti

  1. pengecekan dimensi gambar dengan jumlah teks
  2. pengecekan apakah gambar tersebut sudah disisipi teks atau belum?
  3. batas akhir sebuah teks yang ada didalam gambar/flag

Berikut saya demokan aplikasi pengenalan huruf dengan PCA melalui GUI di Matlab, aplikasi dibawah ini akan menyimpan teks *.txt kedalam gambar

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :