Cara Import file CSV di SPSS

By | January 8, 2022
Print Friendly, PDF & Email
264 Views

Cara Import file CSV di SPSS – Software statistik yang paling banyak digunakan saat ini yaitu SPSS dengan banyak kelebihan. Software SPSS bisa melakukan import data dari banyak format seperti excel dan CSV – comma separated value. Adapun format CSV banyak digunakan untuk pertukaran data karena sifatnya yang plain text alias file mentah sehingga bisa kita buka menggunakan notepad sekalipun.

CSV ada banyak versi tergantung pemisahnya, secara default CSV menggunakan separator berupa koma, terkadang CSV lainnya malah menggunakan tab, titik coma bahkan tanda strip / minus. Tapi kita tidak usah kuatir karena SPSS akan menyediakan wizard/panduan dalam melakukan import CSV. Contoh file CSV sebagai berikut (penguins.csv)

Penguins

Generated by wpDataTables

Seperti biasa kita buka Open Dialog di SPSS, nanti pilih Files of type seperti berikut sehingga semua file akan tampil

Misalkan kita pilih file CSV penguins.csv, Nanti akan tampil kotak wizard yang harus kita setting sesuai kebutuhan, pada tampilan dibawah ini, tidak perlu diubah apapun pilih saja Next >

Mengingat kita punya header yaitu nama kolom dibaris pertama pada file CSV, kita pilih opsi sebagai berikut (Are variable names included at the top of your file?, maka pilih Yes)

Data dimulai dari baris ke 2, maka kita isi angka 2 (the first case of data begins on which line number?)

Lanjutnya kita akan memilih jenis separatornya/pemisah antara value satu dengan yang lainnya (kita pilih sesuai kebutuhan yaitu comma)

 

Nanti ada penyesuaian nama kolom bila diperlukan

Ok next selesai deh

Nanti kalian bisa menyesuaikan tersendiri mengenai jenis type datanya (untuk diatas ternyata ada row yang bersifat NA – tidak ada nilainya sehingga harusnya numeric malah jadi string)

Demikian pembahasan mengenai Cara Import file csv di SPSS

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :