Cara mencetak dari Chromebook

By | January 2, 2022
Print Friendly, PDF & Email
1,199 Views

Cara mencetak dari Chromebook – Ada banyak keuntungan menggunakan laptop ringan seperti Chromebook. Tentu, desain web-first membuatnya agak berbeda dari laptop Windows 10 atau MacBook, tetapi dapat dengan mudah menangani tugas-tugas sederhana mengetik, browsing, muter lagu dan video, bahkan editing gambar/video.

Memastikan bahwa printer kalian dipasangkan dengan Chromebook cukup mudah — tetapi mungkin tidak seperti biasanya. Berikut cara menyiapkan printer berkabel atau nirkabel untuk mencetak dari Chromebook.

Mencetak via Wi-Fi

Jika kalian belum memiliki printer di jaringan nirkabel, kalian mungkin dapat menggunakan wizard pengaturan. Jika tidak, kalian  memerlukan manual, yang dapat kalian unduh dari situs web produsen.

Jika kalian tidak memiliki opsi untuk menggunakan pencetakan nirkabel, lanjutkan dan lewati ke bagian berikutnya. Jika tidak, mulailah dengan menyalakan printer dan memastikan printer berfungsi dengan benar dan terhubung ke jaringan nirkabel.

Langkah 1: Klik jam sistem yang terletak di sudut kanan bawah dan verifikasi bahwa Chromebook kalian terhubung ke jaringan yang sama dengan printer.

Langkah 2: Dengan menu pop-up yang masih aktif, klik ikon Cog, seperti yang ditunjukkan di bawah ini. Ini membuka jendela Pengaturan.

Langkah 3: Klik panah bawah di sebelah Lanjutan untuk memperluas menu.

Langkah 4: Klik Mencetak pada menu yang diperluas.

Langkah 5: Klik opsi Printers di sebelah kanan.

Langkah 6: Chrome OS akan mendeteksi dan mencantumkan printer. Klik Simpan dan itu akan secara otomatis dipindahkan ke kategori Printer Tersimpan dan ditetapkan sebagai default. Dalam contoh ini, kita akan menambahkan printer Epson XP-7100 Series.

Langkah 7: Jika printer tidak muncul secara otomatis, klik ikon Plus berwarna biru di sebelah kanan Add Printer. Jendela pop-up muncul untuk memasukkan nama, alamat IP printer, protokol (biasanya IPP), dan antrian (biasanya ipp/print).

Langkah 8: Setelah selesai, klik Tambah/Add.

Siapkan printer Anda dengan kabel USB

Jika printer kalian edisi lama/lebih tua dan tidak mendukung koneksi Wi-Fi maka kalian dapat menyiapkan printer menggunakan kabel USB. Namun, metode ini mungkin tidak berfungsi pada printer lama karena kalian tidak dapat menginstal perangkat lunak atau driver di Chromebook.

Langkah 1: Hubungkan kabel USB printer ke port yang sesuai di Chromebook.  Kalian mungkin memerlukan adaptor USB-A ke USB-C, bergantung pada model Chromebook. Juga, pastikan printer hidup dan berfungsi normal.

Langkah 2: Setelah terpasang, klik Jam Sistem yang terletak di sudut kanan bawah, diikuti oleh ikon Cog pada menu pop-up. Ini membuka jendela Pengaturan.

Langkah 3: Klik panah bawah di sebelah Lanjutan untuk memperluas menu.

Langkah 4: Klik Mencetak pada menu yang diperluas.

Langkah 5: Klik opsi Printers di sebelah kanan.

Langkah 6: Chrome OS akan mendeteksi dan mencantumkan printer. Klik Simpan dan itu akan secara otomatis dipindahkan ke kategori Printer Tersimpan dan ditetapkan sebagai default.

Cara mencetak di Chromebook

Setelah printer siap, bisa kalian coba untuk mencetak dari Chromebook.

Langkah 1: Buka halaman yang ingin dicetak dan tekan tombol Ctrl + P secara bersamaan. Atau, kalian dapat mengklik tombol tiga titik yang terletak di sudut kanan atas dan pilih Print pada menu.

Langkah 2: Kalian akan melihat jendela pop-up muncul di layar. Temukan bidang Tujuan dan pastikan printer terdaftar. Jika tidak, klik panah bawah dan temukan di menu tarik-turun. Kalian juga dapat memilih Lihat Selengkapnya untuk menemukan printer lain yang terhubung ke komputer.

Demikian pembahasan mengenai Cara mencetak dari Chromebook

ref: digitaltrends.com

Leave a Reply