Cara meningkatkan kecepatan internet

By | January 2, 2022
Print Friendly, PDF & Email
293 Views

Cara meningkatkan kecepatan internet – Tidak ada yang lebih membuat frustrasi daripada internet yang bergerak dengan kecepatan siput. Laman web membutuhkan waktu lama untuk dimuat, dan game serta layanan streaming mengalami kelambatan. Dengan rapat Zoom menjadi lebih sering terjadi, setiap perlambatan signifikan di internet akan membuat bekerja di rumah juga jauh lebih sulit.

Untungnya, kalian tidak perlu menderita melalui kecepatan internet yang lambat lagi, terutama dengan begitu banyak tips dan trik yang tersedia untuk membantu meningkatkan kecepatan Wi-Fi. Cara meningkatkan kecepatan internet melalui tips ini.

Setel ulang/reset router

Menyetel ulang router/reset akan memiliki banyak keuntungan untuk jaringan rumah kita. Hal ini dapat membantu menghilangkan upaya peretasan, mengatur ulang memori router yang terbatas untuk membantu mempercepat, dan bahkan menerapkan pembaruan penting yang mungkin telah ditunggu oleh router.

Kuncinya adalah me-reboot router dengan benar. Jangan sampai malah melakukan reset pabrik, yang akan menghapus semua pengaturan dan memulai dari awal.

Langkah 1: Hindari lubang kecil dan tombol reset pada router; sebagai gantinya (ini merupakan lubang untuk factory reset), cukup cabut router kalian dari semua perangkat yang terhubung dan kemudian dari sumber listriknya, matikan sepenuhnya.

Langkah 2: Tunggu sekitar satu menit hingga semuanya mati sepenuhnya.

Langkah 3: Pasang kembali router ke sumber daya, modem

Kelola saluran Wi-Fi

Sebagian besar router saat ini adalah dual-band, yang berarti mereka menawarkan koneksi melalui frekuensi 2.5Ghz dan frekuensi 5GHz. Beberapa router juga tri-band, yang berarti ada pita 5GHz tambahan untuk menyebarkan koneksi lebih banyak lagi.

Saluran yang berbeda ini ada sehingga akan membagi koneksi perangkat di seluruh spektrum dan menurunkan permintaan untuk satu saluran. Ini dapat membantu mempercepat koneksi mu, terutama jika pita 2.5GHz mulai sedikit ramai.

Sebagai aturan umum, pita 5Ghz memiliki jangkauan yang lebih pendek tetapi sedikit lebih cepat, lebih cocok untuk perangkat yang dekat dengan router. Pita 2.5GHz memiliki jangkauan yang lebih panjang tetapi sedikit lebih lambat, pilihan yang lebih baik untuk perangkat di ruangan lain atau perangkat seluler yang banyak bergerak.

Beberapa router dilengkapi dengan fitur alokasi otomatis yang dapat menetapkan perangkat ke saluran yang berbeda berdasarkan kebutuhan koneksi dan mengalihkannya ke saluran baru saat keadaan berubah. Itu bagus, tetapi sebagian besar router masih belum memiliki layanan itu, jadi lakukan ini:

Langkah 1: Masuk ke pengaturan router dan pastikan jaringan sudah diatur untuk semua band di router.

Langkah 2: Hubungkan setiap perangkat satu per satu ke saluran yang terbaik untuk mereka. Hal ini akan benar-benar dapat membuat perbedaan untuk kecepatan internet karena setiap gadget mendapatkan saluran terbaik sesuai kebutuhan.

Kelola perangkat yang terhubung di jaringan

Rata-rata router rumah dapat menangani sekitar 250 perangkat yang terhubung secara teori — dalam praktiknya, karena semakin banyak perangkat menumpuk, bandwidth berjuang untuk menutupi kebutuhan jaringan dan terjadi perlambatan. Di rumah atau kantor modern di mana setiap orang memiliki banyak perangkat seluler dan perangkat pintar adalah hal yang umum, router dapat menjadi kewalahan dan mulai menimbulkan masalah kecepatan.

Jika banyak perangkat baru telah terhubung ke Wi-Fi dan menimbulkan masalah kecepatan, maka kalian bisa mulai membatasi perangkat yang terhubung. Untuk router yang lebih baru, buka aplikasi router dan cari daftar perangkat yang terhubung. Untuk router yang lebih lama, masukkan alamat IP di browser dan cari untuk menemukan pengaturan administrator, di mana kalian harus mencari bagian yang Kelola Perangkat, Batasi Akses, atau yang serupa. Meskipun pengaturan dapat bervariasi di tiap pabrikan router,  tapi kalian harus mencari beberapa opsi penting di sini:

Langkah 1: Temukan perangkat yang tidak perlu. Jika perangkat tidak perlu berada di jaringan mu atau sepertinya seseorang membajak Wi-Fi , kalian dapat mematikan perangkat ini. Bahkan kalian juga dapat mencari opsi untuk melarang alamat MAC mereka, dan pastikan untuk mengubah kata sandi Wi-Fi setelah selesai. Ini bukan solusi yang sempurna, tetapi dapat membantu menghapus perangkat yang tidak dikenal dengan cepat.

Langkah 2: Batasi bandwidth. Beberapa router memungkinkan kalian untuk memilih koneksi tertentu untuk memperlambat kecepatannya. Dengan cara ini, kalian dapat memberikan lebih sedikit bandwidth ke perangkat yang hanya diperlukan untuk tugas-tugas sederhana, dan lebih banyak bandwidth ke perangkat yang digunakan untuk bermain game dan streaming, yang mengurangi masalah kecepatan.

Langkah 3: Batasi penggunaan. Router mungkin juga memiliki kemampuan untuk membatasi jam penggunaan untuk perangkat tertentu, yang merupakan cara yang baik untuk memastikan perangkat tidak menghabiskan terlalu banyak bandwidth selama jam-jam penting dalam sehari. Ini juga merupakan cara yang andal untuk mengelola koneksi online anak-anak untuk keluarga yang sibuk.

Menggunakan koneksi Ethernet

Lebih baik jika jika komputer (atau perangkat lain) cukup dekat dengan router, maka kalian bisa mempertimbangkan untuk menggunakan koneksi Ethernet kabel ke port pada router. Ini adalah cara yang sangat andal untuk meningkatkan kecepatan, karena koneksi kabel bebas dari banyak masalah yang dapat menyebabkan perlambatan Wi-Fi.

Flush DNS

Catatan DNS (doman name server) melacak semua alamat situs web yang kalian kunjungi untuk meningkatkan kunjungan berikutnya dengan lebih baik. Namun, catatan DNS berada di cache komputer dan situs web, keduanya tetap berada di server masing-masing. Jika server berubah dari waktu ke waktu — yang terjadi pada banyak situs web — DNS benar-benar akan merusak kecepatan koneksi kalian karena tidak mengenali server baru. Untuk itu kalian bisa menggunakan flush DNS

Langkah 1: Pada Windows 10, cukup cari Command prompt di kotak pencarian, dan buka aplikasinya.

Langkah 2: Pastikan kalian menjalankan sebagai administrator! Kemudian ketik baris perintah “ipconfig/flushdns”

Langkah 3: Tekan enter. Windows akan memberi tahu bahwa DNS telah dihapus.

Beralih ke browser yang lebih cepat

Apakah perlambatan terutama terjadi saat menggunakan browser atau membuka banyak tab baru? Pikirkan tentang beralih ke browser yang lebih minimalis yang hanya memuat apa yang diperlukan. Peramban seperti Brave for Mac dan Opera unggul dalam hal ini, terutama jika kalian ingin mengotak-atik pengaturan. Jika belum mencobanya, Google Chrome juga dikenal sebagai salah satu opsi peramban utama tercepat.

Demikian pembahasan mengenai Cara meningkatkan kecepatan internet, silahkan kalian coba

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :