Set Path di Windows

By | September 8, 2022
Print Friendly, PDF & Email
139 Views

Set Path di Windows – Ada yang bertanya apa itu set path Windows? karena di beberapa tulisan di blog ini terdapat perintah jangan lupa set path Windows nya. Sebelum membahas tersebut kita awali dengan aplikasi di PC dapat dibagi menjadi 2 yaitu console based (windows menggunakan command prompt, Linux dan Mac OS menggunakan terminal) dan GUI alias Graphic User Interface.

Aplikasi berbasis GUI identik dengan menggunakan mouse alih-alih keyboard dalam mengoperasikannya, seperti aplikasi office, adobe, corel, dan yang lainnya. Namun sebelum era GUI berkembang, banyak aplikasi komputer/PC hanya mengandalkan input berupa keyboard. Kalau kalian suka nonton film bertema hacker sering tuh lihat layar item cuman isinya kode-kode thok.

Yup menggunakan aplikasi berbasis console lebih praktis. Salah satunya adalah aplikasi download wget Aplikasi Downloader yang gratis berbasis console. Untuk dapat menggunakan wget dikenali oleh system ketika menggunakan command prompt, maka kalian wajib set path di Windows.

Set path di Windows

Saya asumsikan, kalian sudah download wget dan ditempatkan di C:/wget.exe; Langkah selanjutnya adalah ketikan saja Path agar tampil berikut Pilih Edit the System environment variables

Maka akan tampil kotak dialog sebagai berikut, pilih Path lakukan Edit

Akan tampil kotak dialog lagi dan pilih New

Isikan input yaitu

C:\

Agar seperti berikut ini

Kalau sudah semuanya, jangan lupa OK.  Buka Comamand Prompt dan ketikan wget. Kalian tidak boleh salah mengetikan alamat path/foldernya ya, misalkan saja. Kita download dan extract mingw.exe dan ternyata pas di extract mingw.exe nya terletak di C:/MinGW/bin . Tentu kalian wajib isikan alamatnya yang lengkap!

See also  Cara Aktifkan Fitur Hibernate di Windows

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :