Menambahkan modul TL SSL

By | January 18, 2021
327 Views

Apa itu modul SSL: SSL (Secure Socket Layer) adalah lapisan keamanan untuk melindungi transaksi di website Anda dengan teknologi enkripsi data yang canggih. Pada website dengan SSL maka alamatnya berubah menjadi https dan muncul tanda padlock (gembok) di address bar browser yang bisa di-klik untuk melihat jenis SSL, teknologi enkripsi yang dipakai dan siapa identitas pemilik website. Kayak di web ini menggunakan https://softscients.com bukan https://softscients.com. Biasanya SSL digunakan pada payment gateway agar pertukaran antar data terutama login password diwebsite tidak bersifat plain karena sudah di enkripsi. Kalian bisa koq melihat POST dan GET sebuah pertukaran data yang terjadi antara sisi client dan server menggunakan aplikasi wireshark. Berikut kegunaan SSL utama menggunakan SSL:

  • Meningkatkan kepercayaan pengunjung website untuk melakukan transaksi atau bisnis dengan Anda.
  • Mengamankan transaksi yang ada di website dengan enkripsi termasuk data kartu kredit, password, dll.
  • Website yang menggunakan SSL/HTTPS mendapatkan ranking SEO yang lebih baik dari Google dibanding dengan website yang tidak diproteksi dengan SSL.
  • Berhak menampilkan SSL Secured Seal di website.
  • Meningkatkan penjualan atau conversion rate di website sebagai hasil dari kepercayaan konsumen yang meningkat.
  • (EV SSL) Meningkatkan prestisius perusahaan Anda dengan green bar dan nama perusahaan di address bar browser.
  • (EV SSL dari Symantec) Mendapatkan layanan free malware scanning dan security vulnerability assessment gratis dari Symantec.

Cara Pasang Modul SSL

Dulu awal  tahun 2009 sebelum menggunakan Anaconda, saya terbiasa melakukan install package tersendiri di python menggunakan pip, terkadang harus install Microsoft Visual Build sebagai compiler Cython nya, karena ada beberapa package yang harus di compile ulang. Masalah muncul ketika kita menyerahkan project ke klien yang mempunyai perbedaan sistem operasi.

Tapi pun menggunakan anaconda juga pernah error untuk melakukan install package via pip, seperti berikut pesan errornya

pip is configured with locations that require TLS/SSL, however the ssl module in Python is not available

Jika hal demikian terjadi, kemungkinan besar, kalian belum SET PATH dengan benar, yaitu jangan lupa kalian harus tambahkan C:\ProgramData\Anaconda3\Library\bin seperti berikut

Sesuai cara diatas, maka install package menggunakan PIP berjalan dengan lancar jaya!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :