110 Views

Internet adalah penyeimbang yang hebat, mengapa saya mengatakan demikian karena melalui internet telah menyamakan kedudukan. Siapa pun dapat memulai bisnis online yang menghasilkan uang — siapa pun yang memiliki komputer. Namun masalahnya: hampir tidak diperlukan pengalaman teknis. Saat ini ada banyak alat yang dapat kamu gunakan untuk membangun bisnis online yang membuat pekerjaan teknis jauh lebih mudah daripada sebelumnya.

Kamu  juga dapat tinggal di mana pun yang kamu inginkan, mengatur jadwal mu sendiri, dan bekerja sesedikit atau sebanyak yang kamu inginkan, bergantung pada seberapa cepat atau besar bisnismu ingin berkembang. Tidak ada pengalaman bisnis atau pemasaran yang dibutuhkan. Ini adalah media kewirausahaan yang benar-benar demokratis.

Saya akan sedikit mengulas dari sekian bisnis yang dimulai tanpa uang yaitu solusi startup e-commerce. Mari pertimbangkan 5 Bisnis Online yang dapat kamu mulai tanpa uang untuk memulai bisnis online dan menghasilkan uang secara online dengan sedikit atau tanpa biaya sama sekali.

1. Drop Shipping

Ide dasar di balik bisnis dropshipping online adalah, sebagai pemilik bisnis kecil, kamu tidak perlu mempertahankan inventaris besar (atau inventaris apa pun) produk atau menangani pengiriman apa pun ke pelanggan mu. Hal itu akan menghilangkan biaya finansial dan risiko memiliki gudang yang penuh dengan barang-barang yang mungkin tidak kamu jual, dan kerumitan mengatur untuk mengirim pesanan ke seluruh negeri atau dunia. Faktanya, kamu tidak perlu membuat atau menyimpan produk sama sekali.

Satu-satunya hal yang harus kamu fokuskan adalah pemasaran dan periklanan untuk menemukan pelanggan dan melakukan penjualan. Setelah penjualan selesai, sisanya akan ditangani oleh orang lain. Satu-satunya biaya adalah biaya pemasaran dan periklanan untuk mendapatkan pelanggan baru. Begini cara kerjanya:

  1. Kamu mencantumkan produk untuk dijual di situs web mu atau platform seperti Amazon, eBay, tokopedia, bukalapak, blibi atau yang sejenisnya.
  2. Ketika salah satu pelanggan mu melakukan pembelian, Kamu membeli produk dari perusahaan pihak ketiga (pengirim barang, biasanya produsen atau grosir) dengan harga lebih rendah. Proses ini sesederhana meneruskan pesanan dari pelanggan mu, sebuah proses yang sebenarnya dapat sepenuhnya otomatis. (Ingat kamu tidak memiliki risiko apa pun di sini untuk membeli inventaris karena penjualan telah dilakukan).
  3. Pengirim drop yang kamu pilih yang kemudian akan mengirimkan produk ke pelanggan

Cukup mudah bukan? Dengan dropshipping, kamu dapat menawarkan berbagai macam produk, sehingga biaya operasional bisnis mu sangat rendah.

Apa kerugian dari model bisnis pengiriman dropship? kamu harus menemukan pengirim barang yang memiliki reputasi baik yang dapat kamu andalkan untuk dikirimkan ke pelanggan mu. Jika pesanan terlambat atau tidak keluar — atau kualitas produk buruk — Kamu akan disalahkan.

Selain itu karena pasar ini sangat kompetitif, margin — yaitu, perbedaan antara harga grosir dan berapa banyak dapat menjual suatu produk — lebih rendah, jadi ini akan menjadi jenis bisnis bervolume tinggi untuk menghasilkan pendapatan yang serius. Tapi tetap saja, ini adalah opsi startup rendah atau tanpa biaya yang bermanfaat untuk usaha tanpa mengeluarkan modal yang banyak.

2. Affiliate Marketing

Afiliasi pemasaran agak mirip dengan pengiriman drop tetapi dengan beberapa perbedaan utama. Dengan model e-niaga ini, kamu sekali lagi tidak menyimpan inventaris produk mu sendiri, dan tidak perlu khawatir tentang pengiriman produk ke pelanggan.

Dengan pemasaran afiliasi, kamu hanya menawarkan produk untuk dijual, misalnya, di blog atau situs web e-niaga mu. Setiap produk memiliki tautan unik yang melacak kembali akun mu dengan mitra afiliasi. Prospek yang mengklik link dibawa ke keranjang belanja partner untuk pembayaran. Begitu mereka membeli, pembelian itu dicatat dan kamu menerima komisi.

Jumlah komisi bervariasi tergantung pada mitra afiliasi, tetapi umumnya 5 persen hingga 25 persen, atau 50 persen atau lebih dengan produk informasi digital. Seperti yang kita lihat, ada sedikit risiko di pihak mu dan hampir tidak diperlukan investasi juga. Sama seperti pengiriman dropship, satu-satunya biaya adalah pemasaran dan periklanan untuk mengarahkan lalu lintas dan menghasilkan penjualan.

Perbedaan utama antara ini dan pengiriman drop adalah bahwa model bisnis bahkan lebih lepas dari tangan. Yang harus kamu lakukan adalah menyediakan tautan untuk diklik pelanggan dan pedagang menangani semuanya; penagihan, pemenuhan pesanan, layanan pelanggan, dll.

Beberapa hal yang harus kamu lakukan adalah menangani bagian pemasaran agar prospek/customer  membeli (melalui media sosial, pemasaran email, blog, atau metode apa pun yang kamu pilih). Tetapi setelah mereka mengeklik tautan afiliasi, kalian  tidak perlu mengirimkan produk atau menangani pertanyaan layanan pelanggan apa pun. Dan tentu tidak perlu memelihara inventaris.

3. Blogging

Jika kalian memiliki keahlian atau minat atau minat pada suatu subjek, siap untuk mulai menghasilkan uang dengan blog. Dengan layanan seperti Blogger (www.blogger.com, www.wordpress.com), kamu dapat memulai blog secara gratis. Kamu juga dapat membuat situs mu sendiri dan mengamankan hosting sendiri dengan harga rendah (www.rumahweb.com)

Kalian mungkin berpikir blogging adalah tentang menulis. Dan bisa jadi jika itu yang ingin kamu lakukan. Tapi posting blog tertulis hanyalah permulaan. Kamu juga dapat memposting foto, video, dan tautan ke situs lain, bahkan dapat memposting ulang berita dan artikel lainnya … apa pun itu permainan- topik mengenai game

Kuncinya adalah ingin memposting konten asli yang berguna untuk audiens target dan memposting secara teratur. Itu adalah cara terbaik untuk mendapatkan peringkat di mesin pencari dan juga membuat audiens mengambil tindakan seperti tautan dan klik. Kamu menghasilkan uang dengan berbagai cara dengan blog bisnis online.

  • Google adsense
  • Influencer

4. Online Video

Apakah kamu suka menonton video YouTube belakangan ini? Tentu saja bukan? Ini adalah salah satu situs web paling populer di dunia, dengan lebih dari 2 miliar pengguna menonton ratusan juta jam video setiap hari.

Kamu dapat memanfaatkan jangkauan YouTube untuk menghasilkan uang secara online. caranya adalah memaksimalkan penayangan beberapa video secara teratur.  Kamu juga harus membuat konten yang bermanfaat — sesuatu yang menarik yang ingin ditonton orang.

Kamu bisa menghasilkan uang dengan pendapatan iklan. Langkah pertama adalah membuat akun YouTube dan mulai mengupload video. Kemudian mengaktifkan monetisasi di setelan YouTube mu. Pada dasarnya, ini memberi Google izin untuk menyertakan iklan AdSense pendek dengan video mu. Ketika pemirsa mengklik iklan tersebut, kamu akan dibayar.

Peluang lain untuk menghasilkan uang dengan saluran YouTube adalah melalui sponsor berbayar. Bangun pengikut/subscriber yang cukup besar dan perusahaan akan dengan senang hati membayar kamu untuk mempromosikan atau menyebutkan produk dan layanan mereka di video mu.

Beberapa tip untuk membuat video yang terlihat profesional (tidak perlu peralatan profesional yang mahal):

  • Kamu dapat menggunakan ponsel cerdas atau kamera video sederhana. Tapi pastikan pencahayaannya bagus sehingga semua yang ada di video jelas dan mudah dilihat.
  • Pastikan audionya jelas. Kamu tentu tidak ingin dengungan AC, kebisingan konstruksi, atau gangguan lainnya.
  • Gunakan perangkat lunak pengeditan sederhana seperti iMovie untuk meletakkan judul di awal video dan untuk mengedit.

Yang terpenting, ingatlah bahwa video mu sederhana dan tidak harus apik. Berikan saja konten yang bermanfaat dan jadilah menarik dan menarik. Lucu membantu juga.

Selain pendapatan iklan dari video YouTube, kamu juga dapat menggunakan saluran YouTube untuk mengarahkan lalu lintas kembali ke situs web mu, tempat pengunjung dapat membaca ulasan produk mu, mengeklik iklan di situs web , atau bahkan masuk ke daftar pelanggan email — di mana kamu dapat membuat banyak penjualan dengan daftar email yang ada.

5. Information Products

Ketika kamu memiliki bisnis internet, tidak harus tentang menjual produk fisik. Faktanya, produk informasi digital adalah salah satu cara termudah dan tercepat untuk menghasilkan uang. Tidak ada kekurangan cara untuk membuat produk informasi, tetapi format yang paling populer meliputi:

  • Audio: rekaman telekonferensi, wawancara, kursus, atau produk ucapan lainnya
  • Video: webinar yang direkam, panduan, wawancara
  • Teks: ebook, semacam buklet instruksi, panduan perjalanan

Dalam setiap kategori ini, kamu benar-benar dapat menjadi kreatif dan membuat jenis dan format konten apa pun, asalkan menarik dan bermanfaat. Apa pun cara mu melakukannya, itu adalah penghasilan pasif — uang yang kamu peroleh saat tidur karena menjual produk ini di situs web mu dan pelanggan dapat membeli dan mengunduhnya kapan saja, siang atau malam, secara otomatis. Yang harus kamu lakukan adalah memeriksa penjualan secara berkala untuk melihat topik atau jenis produk apa yang paling laris sehingga kamu dapat memanfaatkannya lebih banyak.

Demikianlah ulasan mengenai 5 Bisnis Online yang dapat kamu mulai tanpa uang untuk memulai bisnis online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

77 + = 81