Pengertian dan Jenis Uji-t Student

By | January 2, 2022
Print Friendly, PDF & Email
1,104 Views

Pengertian dan Jenis Uji-t Student – Salah satu pengujian terpenting dalam cabang statistika inferensial adalah uji-t Student.  Uji-t Student untuk dua sampel digunakan untuk menguji apakah dua kelompok (dua populasi) berbeda dalam hal variabel kuantitatif, berdasarkan perbandingan dua sampel yang diambil dari dua kelompok ini. Dengan kata lain, uji-t Student untuk dua sampel memungkinkan untuk menentukan apakah dua populasi dari mana dua sampel diambil berbeda (dengan dua sampel diukur pada variabel kontinu kuantitatif).

Alasan di balik Uji-t Student adalah bahwa jika dua sampel sangat berbeda satu sama lain, dapat diasumsikan bahwa dua populasi tempat sampel diambil berbeda. Sebaliknya, jika dua sampel agak mirip, kita tidak dapat menolak hipotesis bahwa kedua populasi itu serupa, sehingga tidak ada cukup bukti dalam data yang ada untuk menyimpulkan bahwa dua populasi yang diambil sampelnya berbeda. Perhatikan bahwa alat statistik ini termasuk dalam cabang statistik inferensial karena kesimpulan yang diambil dari studi sampel digeneralisasikan ke populasi, meskipun kami tidak memiliki data seluruh populasi maka disebut dengan uji statistik inferensia.

Untuk membandingkan dua sampel, biasanya membandingkan ukuran tendensi sentral yang dihitung untuk setiap sampel. Dalam kasus uji-t Student, rata-rata/mean digunakan untuk membandingkan dua sampel. Namun, dalam beberapa kasus, rata-rata/mean tidak tepat untuk membandingkan dua sampel sehingga median digunakan untuk membandingkannya melalui uji Wilcoxon (nanti akan dibahas tersendiri)

Kedua pengujian ini (Student’s t-test dan Wilcoxon test) memiliki tujuan akhir yang sama, yaitu membandingkan dua sampel untuk mengetahui apakah dua populasi yang diambilnya berbeda atau tidak. Perhatikan bahwa uji-t Student lebih kuat daripada uji Wilcoxon (yaitu, lebih sering mendeteksi perbedaan yang signifikan jika ada perbedaan yang benar, sehingga perbedaan yang lebih kecil dapat dideteksi dengan uji-t Student) tetapi t-Student tes sensitif terhadap outlier dan asimetri data. Selanjutnya, dalam masing-masing dari dua tes ini, ada beberapa versi, dengan setiap versi menggunakan formula yang berbeda untuk sampai pada hasil akhir. Oleh karena itu, penting untuk memahami perbedaan antara kedua tes dan versi mana yang digunakan untuk melakukan analisis yang sesuai tergantung pada pertanyaan dan data yang ada.

See also  Append value to empty vector in R?

Mengingat artikel ini sangat panjang, kalian bisa membaca daftar isinya Belajar Statistika, nanti disitu ada uji t dengan semua versi t Student yaitu

  • untuk sampel independen
    • uji t student dengan variance diketahui nilainya
    • uji t student dengan variance sama tapi diketahui nilainya
    • uji t student dengan variance tidak sama dan tidak diketahui nilainya
  • berpasangan
    • uji t student dengan variance berbeda tapi diketahui nilainya
    • uji t student dengan variance berbeda tapi tidak diketahui nilainya

Berikut ilustrasi mengenai beragam versi Uji-t Student

 

 

 

Demikianlah pembahasan mengenai Pengertian dan Jenis Uji-t Student

ref:

statsandr

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :