Akhirnya Torch versi R telah tersedia – Framework Machine Learning

By | November 16, 2022
Print Friendly, PDF & Email
106 Views

TORCH FOR R – An open source machine learning framework based on PyTorch. torch provides fast array computation with strong GPU acceleration and a neural networks library built on a tape-based autograd system. The ‘torch for R’ ecosystem is a collection of extensions for torch.

Machine Learning membutuhkan perhitungan yang sangat kompleks jika tidak menggunakan framework tentu akan kesulitan. Biasanya di Python menggunakan Pytorch maka kalian tidak usah kuatir. Sesuai dengan laman https://torch.mlverse.org yup akhirnya Pytorch versi R telah telah tersedia.

Teknologi Machine learning dengan jargon Deep Learning nya telah banyak mengisi kemudahan bagi manusia, banyak sekali aplikasi yang telah dibuat menggunakan deep learning. Oleh sebab itu belajar Pytorch menjadi lebih mudah tanpa perlu belajar dari awal lagi dan tetap menggunakan teknologi yang sama di R.

Ngomongin machine learning dari jaman jadul yaitu perceptron kemudian dilanjut dengan Multi Layer Perceptron telah banyak di bahas di blog ini, kalian bisa search sendiri. Biasanya saya lebih suka menggunakan Python untuk kasus yang njlimet sekarang sudah Akhirnya Torch veri R telah tersedia – Framework Machine Learning tentu package neuralnet nya di R tidak cukup untuk memecahkan kasus yang kompleks. Pembahasan mengenai Neural Network MLP dengan package Neuralnet silahkan dibaca

Pada kasus sebelumnya hanya menggunakan neuralnet dengan kasus logika AND sederhana Neural Network MLP dengan package Neuralnet. Sebagai gambaran saja bahwa waktu komputasi yang dibutuhkan sangat cepat dan kita bebas menggunakan beragam fungsi loss, optimizer, serta fungsi aktifasi. Inilah yang saya suka dengan Torch apalagi untuk operasi data tabular menggunakan package dplyr  yang masih unggul daripada package pandas untuk kemiripan operasi SQL ditunjang library ggplot sebagai ploting grafiknya tentu menjadi keunggulan tersendiri. Namun demikian untuk urusan kecepatan masih dimenangkan oleh Python.

See also  Pengertian dan Jenis Uji-t Student

Nanti saya akan bahas secara sekilas cara membuat model Torch di R sesuai tutorial Pytorch Python. Hemm jadi kalian wajib belajar dulu teknologi Pytorch Python ya, biar nggak bingung. Berikut sebagai gambaran ploting loss ditiap epoch.

Sambil mempersiapkan tutorial nya, silahkan kalian kunjungi website nya di https://torch.mlverse.org

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :